Johan Cruff

BARCELONA, Jowonews.com – Bintang sepakbola era 1970 an, Johan Cruff telah “berpulang”. Pemain asal Belanda yang besar bersama Ajx Amsterdam dan Barcelona ini meninggal dunia setelah lama berjuang melawan penyakit kanker.

Berdasar dari situs FC Barcelona, pad amasa kejayaannya, Cruff pernah membawa belanda menjadi runner-up Piala Dunia 1974. Di klub Spanyol Barcelona, setelah pindah dari Ajax tahun 1973, pria kelahiran 25 April 1947 itu juga sukses baik sebagai pemain maupun pelatih. Barca langsung sukses sebagai juara liga pada musim pertama diperkuat Cryuff.

Pensiun sebagai pemain, ia pun kembali ke Barcelona sebagai pelatih dan sukses membawa klubnya juara Liga Spanyol empat kali berturut-turut, serta menjuarai Piala Eropa 1992.

Banyak warisan yang ditinggalkannya, utamanya menyangkut sepakbola. Dari mulai pencipta dan penerus filosofi sepakbola menyerang atau total football hingga gerakan fenomenalnya berupa gerakan memutar mengecoh lawan. Sampai sekarang ini gerakan tersebut dinamakan “Putaran Cruff”. (JN19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here