ILUSTRASI

SOLO, Jowonews.com – Dua tempat wisata di Solo menjadi favorit wisatawan menghabiskan liburan akhir pekan kemarin. Kedua tempat itu adalah Pura Mangkunegaran dan Pasar Triwindu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Surakarta, Eny Tyasni Suzana mengungkapkan kunjungan wisatawan mancanegara kini terus meningkat, baik yang datang ke Pura Mangkunegaran dan Pasar Triwindu yang merupakan pusat penjualan barang-barang antik.

Sementara untuk Pura Mangkunegaran yang merupakan pusat Pemerintahan di zaman kerajaan dinasti Mataram itu banyak menyimpan koleksi-koleksi benda bersejarah yang mempunyai nilai tak ternilai harganya.

Menurutnya, kunjungan wisatawan tersebut setiap tahun semakin meningkat. Untuk bulan Januari dan Februari ini saja, dibandingkan tahun lalu cukup banyak peningkatannya. “Terbukti dengan jumlah wisman kita di tahun 2015 hanya 2.600 orang, sedangkan di tahun ini mencapai 4.455 orang. Peningkatannya hampir seratus persen,” katanya.

Dikatakan untuk bulan Januari dan Februari tahun ini saja, jumlah wisatawan mencapai 617.489 orang. Hanya saja persentasenya masih banyak didominasi oleh wisawatan domestik 613.034 orang, sedangkan untuk wisatawan mancanegara hanya sebanyak 4.455 orang.

Eny mengatakan untuk lokasi wisata yang dituju, hingga saat ini yang masih menjadi favorit bagi wisman masih Pura Mangkunegaran, Pasar Triwindu dan Keraton Kasunanan Surakarta. Sedangkan untuk wisatawan domestik, objek wisata favorit, yakni Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). (JN19/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here