Pemkot Solo Bongkar Puluhan Kios Pasar Klewer

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Pemerintah Kota Surakarta akan membongkar puluhan kios Pasar Klewer sisi timur untuk mendukung revitalisasi bangunan pasar sisi barat, kata Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) pemkot setempat Subagiyo.

“Ada 28 kios di sana yang akan dibongkar. Ditargetkan pembongkaran sudah dimulai Mei mendatang,” katanya di Solo Rabu.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan Pemkot Surakarta bakal memindahkan pedagang yang semula berjualan di lokasi tersebut ke pasar darurat Alun-alun Lor Keraton Surakarta.

“Kami sudah menyosialisasikan rencana pembongkaran ini kepada pedagang. Sesudah bangunan pasar sebelah barat selesai dibangun, mereka akan ditempatkan di kios lantai atas.” Subagiyo menjelaskan pembongkaran 28 kios tersebut dimaksudkan guna meminimalkan dampak buruk atas beroperasinya alat berat saat proyek berlangsung. Selain itu, pemkot juga berencana mengoptimalkan kembali lorong penghubung Pasar Klewer sisi timur dan barat.

“Sebelum digunakan untuk berjualan, terdapat lorong selebar sekitar 20 meter di sana. Kalau akses itu dibebaskan dari kios, maka pengunjung bisa lebih leluasa melewatinya,” katanya.

Dia mengatakan renovasi Pasar Klewer sisi barat yang terbakar pada akhir 2014 tengah dikebut dan ditargetkan pasar tersebut kembali beroperasi pada awal 2017.

Subagiyo mengungkapkan lelang pengerjaan tahap kedua pembangunan Pasar Klewer tengah berlangsung. “Kami sudah melewati tahap aanwijzing (penjelasan lelang). Peserta lelang pun cukup banyak.” Tahap kedua pembangunan Pasar Klewer tersebut didanai APBN senilai Rp96 miliar. Pengerjaan proyek ditargetkan berlangsung akhir April hingga Desember.

Proyek tahap kedua merupakan kelanjutan pembangunan Pasar Klewer tahap pertama yang berakhir Desember 2015. Dalam tahap pertama yang juga dibiayai pemerintah pusat, pengerjaan difokuskan kepada pendirian konstruksi bangunan. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *