Produksi Ikan Pekalongan Capai 4,5 Juta Ton

  • Whatsapp

PEKALONGAN, Jowonews.com – Produksi ikan yang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama Januari hingga 30 Maret 2016 mencapai lebih 4,5 juta ton atau setara Rp58,4 miliar.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Kasim Sumadi di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa aktivitas lelang ikan selama tiga bulan terakhir ini masih ramai meski kondisi cuaca di laut belum membaik.

Bacaan Lainnya

“Kondisi cuaca yang kurang baik tidak begitu mempengaruhi para nelayan melaut sehingga aktivitas lelang ikan tetap ramai,” katanya.

Menurut dia, sejumlah kapal nelayan berbobot di atas 30 grostone kini sudah mulai berlabuh di pelabuhan untuk membongkar hasil tangkapan ikan setelah sejak Januari mereka melaut.

“Pada Rabu pagi (30/3) ada lima kapal nelayan berbobot di atas 30 GT dan kapal ‘Arek-Arek’ yang membongkar hasil tangapan ikan di TPI dengan produksi 36,9 ton atau setara Rp580 juta,” katanya.

Ia memperkirakan aktivitas lelang ikan akan semakin ramai pada Mei hingga Juni mendatang karena sejumlah kapal nelayan di atas 30 GT kembali dari melaut.

“Saat ini, persediaan ikan di TPI masih relatif melimpah sehingga harga ikan pun tetap stabil,” katanya.

Ia menyatakan pemkot optimistis target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perikanan pada 2016 sebesar Rp4,9 miliar akan terlampaui karena aktivitas lelang ikan juga terus ramai.

“Kami tetap optimistis target PAD Rp4,9 miliar akan terlampaui meski terjadi kenaikan dari tahun sebelumnya Rp4,7 miliar,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *