Ruas Jalan Banjarnegara Segera Diperbaiki

  • Whatsapp
Jalan amblas tersebut berada di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan ini. Kondisinya, sangat fatal jika. Pengguna harus ekstra hati-hati
Jalan amblas tersebut berada di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan ini. Kondisinya, sangat fatal jika. Pengguna harus ekstra hati-hati

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Sejumlah ruas jalan kabupaten di Banjarnegara, Jawa Tengah, akan segera diperbaiki, kata Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo.

“Pada tahun 2016, alokasi perbaikan ruas jalan kabupaten di Banjarnegara mencapai Rp262,4 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan bantuan Pemerintah Provinsi Jateng,” katanya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banjarnegara Supriyo di Banjarnegara, Rabu.

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan hal itu saat menggelar jumpa pers terkait dengan perbaikan infrastruktur jalan kabupaten tahun 2016 di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara.

Dia mengakui bahwa banyak ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan sehingga harus segera diperbaiki.

“Perbaikan jalan merupakan harapan masyarakat. Selama ini masyarakat selalu menilai keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah itu berdasarkan kondisi jalan,” katanya.

Selain jalan kabupaten, kata dia, sejumlah ruas jalan provinsi dan nasional di Banjarnegara juga akan diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jateng.

Kendati demikian, dia menyayangkan pelebaran ruas jalan nasional di Banjarnegara pada tahun 2016 hanya sepanjang 1,5 kilometer.

“Kenapa tidak sampai Tunggoro (yang berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo)? Kenapa pula harus sedikit-sedikit sehingga nantinya ruas jalan yang sini bagus, yang sebelah sana (ruas jalan yang telah diperbaiki sebelumnya, red.) rusak kembali,” katanya.

Padahal, kata Bupati, saat ini ruas jalan nasional di Banjarnegara sudah dipadati kendaraan dari berbagai kota.

Selain perbaikan jalan, lanjut dia, beberapa proyek pembangunan jalan antarkabupaten juga akan dilanjutkan, di antaranya jalan tembus Banjarnegara-Kebumen yang melewati Sadang dan jalan tembus Dieng (Banjarnegara)-Batang.

Sementara itu, Kepala DPU Banjarnegara Supriyo mengatakan bahwa anggaran perbaikan infrastruktur jalan sebesar Rp262,4 miliar tersebut dialokasikan untuk 809 kegiatan.

“Dalam perubahan APBD 2016 yang akan dibahas pada bulan Mei kemungkinan akan ada penambahan kegiatan,” katanya.

Menurut dia, panjang ruas jalan kabupaten di Banjarnegara mencapai 888 kilometer dan sekitar 60 persennya dalam kondisi rusak.

Dengan alokasi anggaran tersebut, dia mengharapkan sekitar 70 sampi dengan 80 persen ruas jalan yang rusak dapat menjadi baik. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *