Tiket Kereta Api Lebaran Bisa Dipesan Mulai Sekarang

  • Whatsapp
kereta api melintas id jalur pantura Jateng. (Foto: JN03/Jowonews)

SURABAYA, Jowonews.com – Dua bulan jelang hari raya Idul Fitri, PT Kereta Api Indnonesia (KAI) sudah mulai menjual tiket Kereta Api (KA) komersial kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC jarak menengah dan jarak jauh untuk mudik Lebaran H-9 atau 27 Juni 2016. Tiket kereta api tersebut bisa dibeli mulai Selasa (29/3) kemarin.

Menurut Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Suprapto di kantornya Kawasan Stasiun Gubeng Jl Gubeng Masjid Surabaya, Selasa (29/3)kemarin mengatakan bahwa PT KAI Persero terus melakukan perbaikan dan pembenahan guna meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

Bacaan Lainnya

Adapun, pembenahan tersebut diantaranya memberikan pelayanan pembelian tiket H-90 hari sebelum hari pemberangkatan dan pembelian tiket melalui online. Sehingga jika pada 2016 Lebarannya jatuh pada 6 dan 7 Juli 2016 maka untuk mudik Lebaran pada H-9 tiketnya bisa dibeli mulai hani ini.

“Keuntungan masyarakat pemakai jasa moda angkutan KA yang membeli tiket mudik lebaran lebih awal adalah bisa memilih tempat duduk dan memilih kereta sesuai dengan keinginannya,” tandasnya.

Sementara jika para pemudik lebaran membeli tiket KA sudah mendekati lebaran harga tiket dikawatirkan akan habis. “Soal harga tiket rata-rata KA eksekutif dan bisnis pada Sabtu, Minggu dan hari-hari libur nasional seperti Lebaran, Natal dan tahun Baru menggunakan tarif tertinggi atau tarif batas atas,” ujarnya.

Sementara, kata Suprapto, untuk tiket Lebaran PT KAI tidak menaikan harga hanya menggunakan tarif batas atas dan batas bawah serta KA ekonomi yang menggunakan tarif PSO harganya tetap.

Diungkapkan Suprapto, bahwa dalam pembelian tiket untuk mudik Lebaran atau H-90 hari sebelum hari pemberangkatan terdapat beberapa ketentuan diantaranya setiap satu tiket hanya berlaku untuk satu calon penumpang saja. “ Peraturan ini merupakan sebuah inovasi dan layanan dari PT KAI demi untuk kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang kereta api,” jelasnya.

Adapun, pemesanan tiket KA dapat dilakukan melalui On-line ticketing : tiket.kereta-api.co.id, tiket.com, tiketkai.com, paditrain.com, aerotiket.com. Bisa juga dilayani di aplikasi blackberry dengan download di app BBworld, kereta api Indonesia.

Selanjutnya, di gerai Indomaret, alfamart, citos connection, fin channel dan Call center KAI (201) 121, stasiun on-line dan agen resmi tiket KAI. Pastikan nama di tiket sesuai dengan identitas asli (KTP, SIM, dan Pasport) Selain untuk meningkatkan pelayanan, penjualan tiket H-90 hari sebelum hari pemberangkatan adalah untuk membantu pelayanan masyarakat yang jauh-jauh hari berencana bepergian atau mau ber Lebaran dengan moda angkutan kereta api.

Lebih lanjut, Suprapto menyampaikan bahwa agar pelayanan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, PT KAI terus berbenah dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Sarana tersebut seperti kereta dan lokomotif yang lebih handal dengan memenuhi empat pilar utama yakni keselamatan, pelayanan, kenyamanan dan ketepatann waktu.

“PT KAI juga sudah melakukan peningkatan pelayanan dengan mengeluarkan beberapa kebijakan yang sudah mendapat apresiasi positif dari berbagai elemen masyarakat,” ujarnya.

Kebijakan itu, kata dia, diantaranya tempat duduk 100 persen bagi KA jarak jauh, yang artinya PT KAI tidak lagi menjual tiket berdiri bagi KA bisnis dan ekonomi jarak jauh kecuali KA ekonomi lokal. “Kemudian kebijakan larangan merokok di atas kereta dan melarang asongan, pengamen, gepeng naik di atas kereta. Dengan kebijakan tersebut diharapkan para penumpang KA akan lebih enjoi, aman dan nyaman bersama moda PT KAI,” pungkasnya. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *