9.989 Siswa SMA Boyolali Siap Hadapi UN

  • Whatsapp

BOYOLALI, Jowonews.com – Sebanyak 9.989 peserta siswa tingkat SMA dan sederajat dari 75 sekolah di Kabupaten Boyolali siap mengikuti Ujian Nasional 2016 dengan berbasis komputer atau menggunakan naskah soal yang digelar mulai Senin (4/4).

Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali Suyanta di Boyolali, Jumat, mengatakan 17 dari 75 sekolah di Boyolali akan menyelenggarakan UN berbasis komputer.

Bacaan Lainnya

Menurut Suyanta sekolah yang menyelenggarakan UN berbasis komputer terdiri dari enam SMA dan 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jumlah peserta total 5.245 siswa.

Sedangkan jumlah peserta UN yang penyelenggaraannya dengan cara tertulis di Boyolali sebanyak 4.744 siswa sehingga totalnya menjadi 9.989 siswa.

Dari 9.990 peserta yang siap mengikuti UN tersebut terdiri dari 3.526 siswa SMA, 5.602 siswa SMK, 859 siswa Madrasah aliyah (MA) dan dua siswa untuk SMA luar biasa (SMALB).

“Kami sedang melakukan pengambilan naskah UN ke Provinsi Jateng, Jumat ini, dengan pengawalan oleh aparat keamanan,” kata Suyanta.

Menurut dia, naskah UN kemudian disimpan di rayon dan subrayon, sedangkan proses pendistribusian ke sekolah-sekolah juga dilakukan dengan pengawalan oleh aparat keamanan.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau khususnya sekolah yanga penyelenggaraan UN berbasis komputer untuk melakukan antisipasi terutama beberapa sarana penting agar pelaksanaannya berjalan lancar.

“Aspek krusial yang harus diantisipasi seperti tersedianya alat komputer, jaringan internet harus lancar dan jaminan saluran listrik seperti cadangan mesin diesel jika terjadi mati lampu,” katanya.

Selain itu, pihak sekolah juga dapat menjamin keamanan alat komputer yang digunakan untuk UN berbasis komputer dengan menggandeng kepolisian.

“Kami memang sudah membuat surat edaran soal imbauan sekolah melakukan tindakan antisipasi agar pelaksaaan CBT lancar tahun ini,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *