Naskah Soal UN untuk Jateng Didistribusikan

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – PT Pura Group Kudus bekerjasama dengan PT Pos telah mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk 9.918 sekolah tingkat SMA dan sederajat ke 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah, Sabtu (1/4) dini hari.

Hadir pada acara pengiriman naskah soal ke 35 kabupaten/kota di Jateng itu, yakni Kepala Dinas Pendidikan Jateng Nur Hadi Amiyanto, Wakapolres Kudus Kompol Yunaldi, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

Bacaan Lainnya

Pengiriman naskah soal UN secara simbolis diawali untuk daerah tujuan Kabupaten Banyumas, dilanjutkan kabupaten/kota lainnya secara berurutan dengan jarak tempuh yang tidak terlampau jauh.

Menurut Supervisor Pelayanan Kantor Pos Cabang Kudus Pujiyono, tonase naskah soal yang didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota di Jateng mencapai 126 ton dengan dukungan 35 armada truk.

“Informasi yang kami terima, pukul 07.00 WIB Sabtu ini sudah tiba di kota tujuan masing-masing, termasuk untuk wilayah Banyumas sebagai lokasi yang terjauh juga sudah sampai,” ujarnya.

Pengiriman naskah soal UN, kata dia, mendapat kawalan aparat kepolisian hingga ke tempat tujuan.

Kepala Dinas Pendidikan Jateng Nur Hadi Amiyanto menyebutkan, peserta UN berbasis kertas atau UN Paper Based Test(UNPBT) tahun ini untuk tingkat SMA dan sederajat sebanyak 392.019 orang yang berasal dari 517 satuan pendidikan.

Pengiriman naskah soal UN ke 35 kabupaten/kota ini, kata dia lagi, sesuai jadwal yakni H-2 pelaksanaan UN yang dimulai Sabtu pukul 00.00 WIB.

“Kami perkirakan naskah soal diterima oleh masing-masing kabupaten dan kota maksimal pada Sabtu siang,” ujarnya.

Terkait dengan kemungkinan adanya kekurangan amplop yang berisi naskah soal UN, katanya, ketika sampai di kabupaten/kota perlu dilakukan pengecekan ulang. Pada masing-masing amplop itu telah tersedia naskah soal cadangan.

Kalau pun ada permasalahan dengan jumlah naskah soal di masing-masing kabupaten/kota, diharapkan berkoordinasi dengan posko UN agar bisa segera disampaikan ke PT Pura, kata dia lagi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng Ahmadi menambahkan, jumlah peserta UN dari madrasah aliyah setempat tercatat 46.580 siswa dari 671 sekolah.

Jumlah peserta UN tahun ini, kata dia, mengalami kenaikan sebesar 2.159 siswa dibandingkan jumlah peserta UN tahun 2015.

Berdasarkan data dari PT Pura Group Kudus, jumlah naskah soal UN untuk SMA dan sederajat di Jateng yang didistribusikan sebanyak 39 juta eksemplar termasuk naskah soal UN cadangan.

Jadwal pelaksanaan UN untuk tingkat SMA dan sederajat dimulai Senin (4/4) hingga Kamis (7/4) nanti. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *