Di Jateng, Penurunan Harga BBM Hanya Mampu Turunkan Harga Sayuran

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium sebesar Rp 500/liter pada 1 April 2016 lalu memang belum mampu menurunkan tarif angkutan umum. Namun demikian, setidaknya sudah mampu memengaruhi penurunan harga sayuran.

Di Pasar Bandarjo Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (6/4), sejumlah sayuran sudah mulai mengalami penurunan harga di antaranya cabai, mentimun, wortel, dan kentang.

Bacaan Lainnya

Salah satu pedagang Rumini (45) mengatakan harga cabai merah dan cabai rawit di Pasar Bandarjo Ungaran sebelumnya Rp40 ribu/kg saat ini turun menjadi Rp25 ribu/kg, mentimun dari Rp8 ribu/kg saat ini menjadi Rp5 ribu/kg.

Sedangkan untuk wortel jika sebelumnya Rp8 ribu/kg saat ini menjadi Rp6 ribu/kg. Selanjutnya untuk kentang ukuran besar dari Rp15 ribu/kg saat ini menjadi Rp8 ribu/kg. Pedagang lain Sugiarti (43), mengatakan sudah beberapa hari ini komoditas cabai mengalami penurunan. “Dari harga Rp20 ribu/kg saat ini harganya turun menjadi Rp17 ribu/kg,” katanya.

Sayuran lain yang juga mengalami penurunan harga yaitu buncis. Menurut pedagang Rukiyem (60), buncis mengalami penurunan harga dari Rp12 ribu/kg menjadi Rp10 ribu/kg.

Meski demikian, kondisi tersebut belum terjadi di seluruh pasar. Menurut keterangan sejumlah pedagang sayuran di sejumlah pasar Kabupaten Semarang, hingga saat ini harga sayuran masih stabil.

Ita (40) pedagang kubis dan kentang di sentra pasar sayur Ngasem, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang mengatakan harga kubis dan kentang tidak mengalami perubahan.

Menurut dia, sejauh ini harga kubis masih di kisaran Rp4.000/kg. Sedangkan untuk harga kentang ukuran besar Rp8.600/kg, kentang ukuran sedang Rp4.200/kg, dan ukuran kecil Rp3.200/kg.

Untuk harga wortel sejauh ini juga tidak ada penurunan. Menurut pedagang lain Mirah (42), saat ini harga wortel kualitas biasa Rp3.000/kg dan wortel dengan kualitas yang lebih baik atau pilihan di harga Rp 4.000/kg.

Di sisi lain, peningkatan harga justru terjadi pada komoditas pokok di antaranya telur ayam, minyak goreng, dan gula pasir.

Salah satu pedagang Hari (42) mengatakan, harga telur ayam naik dari Rp17 ribu/kg menjadi Rp18 ribu/kg, minyak goreng Rp10 ribu/kg menjadi Rp11 ribu/kg, dan gula pasir Rp12 ribu/kg menjadi Rp13 ribu/kg. “Kalau untuk harga beras sejauh ini masih stabil,” katanya. (jn01/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *