Dorong Industri Kecil, UMM Gandeng Organisasi PBB

  • Whatsapp
ILUSTRASI - Kampus Universitas Muhamadiyah Magelang

MAGELANG, Jowonews.com – Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) terus memperkuat networking internasional. Salah satunya upayanya dilakukan Fakultas Teknik UMM yang akan melakukan kerja sama dengan Organisasi Pembangunan Industri PBB (United Nations Industrial Development Organization) dan Universitas PBB (United Nations University).

Rektor UMM, Eko Muh Widodo mengatakan, kerja sama ini nantinya dalam pengembangan potensi Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang menuju industri yang berkelanjutan.

Rencana kerja sama ini menindaklanjuti Prof. Rene Van Berkel dari United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Prof. Zinaida Fadeeva dari United Nations University (UNU) yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Fakultas Teknik UMM. Rektor pun menyambut baik inisiasi awal untuk membahas beberapa kerja sama yang dapat dilakukan Fakultas Teknik UMM dengan UNIDO.

Ia menyatakan suatu kehormatan bagi UMM untuk dapat bekerja sama dengan UNIDO dan UNU dalam mengembangkan “research and education programmes” yang memfokuskan pada RECP untuk industri-industri yang ada di Magelang.

Dekan Fakultas Teknik UMM, Yun Arifatul Fatimah menuturkan, program sustainable industry akan dilakukan melalui program Resource Efficient and Cleaner Production (RECP) atau efisiensi sumber daya dan produksi yang lebih bersih serta ramah lingkungan.

Kerja sama tersebut, lanjutnya, akan ditindaklanjuti dengan penyusunan Research and Education RECP Programmes yang melibatkan seluruh komponen program studi yang ada di Fakultas Teknik, yakni Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Otomotif dengan bekerja sama dengan UNIDO. Pihaknya mengaku yakin program kerja sama Fakultas Teknik UMM dan UNIDO tersebut akan dapat membantu memberikan penguatan terhadap institusi dan pelaku industri, khususnya IKM di Magelang dalam menghadapi kompetensi global. (JN19/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *