Duplikasi Jembatan Jurang Gempal Ditarget Selesai November

  • Whatsapp
TINJAUAN : Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan Bidang Pembangunan Wilayah Timur Dinas Bina Marga, Eko Budi Hartanto saat mendampingi kunjungan kerja komisi D DPRD Jateng. (JN17)

WONOGIRI, Jowonews.com – Proyek duplikasi jembatan Jurang Gempal II ditargetkan akan selesai dalam 270 hari pengerjaan atau tepat pada 12 Nopember 2016. Nantinya jalur yang menghubungkan Ngadirojo – Wonogiri ini masing-masing arah akan menggunakan satu jembatan.

Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan Bidang Pembangunan Wilayah Timur Dinas Bina Marga, Eko Budi Hartanto menyatakan tidak banyak kendala berarti dalam pengerjaan duplikasi jembatan yang telah dimulai tanggal 17 Februari 2016. “Pembebasan lahan warga sudah beres semua. Hanya memang kendala ada 2 meter lebar jalan yang saat ini berdiri bangunan ruko yang dalam status disita bank, tapi ini sudah diproses,” katanya saat mendampingi kunjungan kerja komisi D DPRD Jateng.

Terkait koneksi pipa PDAM, kabel PLN, dan kabel koneksi Telkom yang juga melewati jembatan tersebut, Eko menyampaikan masing-masing memiliki penanganan berbeda. “Pipa PDAM akan dibelokan sementara di jembatan eksisting. Sedangkan PLN ini agar tidak berbiaya kami sedang mengurus ke PLN Yogya DIY di Semarang untuk perijinan penggeserannya,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, progresnya sedang berlangsung proses pembongkaran jembatan lama. Sedikit perbedaan dengan jembatan eksisting yang menggunakan baja, nantinya jembatan duplikat akan menggunakan rangka beton. “Dalam hal meredam goncangan beton tentu akan lebih baik, selain itu konstruksi baca akan lebih sering maintenance nya,” terangnya.

Wakil Ketua Komisi D Hadi Santoso menyatakan pentingnya jembatan ini karena merupakan jalan provinsi yang juga menghubungkan ke arah Pacitan Jawa Timur. “Kalo pagi kan memang disini sudah sering macet, secara traffic sangat padat,” katanya.

Persiapan konstruksi, lanjut Hadi, menjadi hal yang perlu dipersiapkan dengan baik. “Ini kan kontruksi beton, berbeda dengan baja, abutment dan glagar nya perlu diperhatikan, selain itu juga agar tidak membuat kemacetan,” pungkasnya. (JN17/JN19)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *