Pemkot Ajukan Terboyo jadi Terminal Truk

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk bisa mengelola Terminal Terboyo sebagai lahan parkir kendaraan berat, terutama truk.

“Terminal tipe A kan akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang Agus Harmunanto di Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Di Semarang, kata dia, ada dua terminal tipe A, yakni Terminal Mangkang dan Terminal Terboyo yang rencananya diambil alih pusat, namun Pemkot Semarang ingin tetap mengelola Terminal Terboyo.

Menurut dia, Semarang sampai saat ini belum memiliki terminal khusus barang untuk kendaraan berat, seperti truk yang berimplikasi banyaknya truk yang parkir di tempat yang tidak semestinya.

“Seperti di sepanjang Jalan Ronggowarsito, kawasan pelabuhan (Tanjung Emas, red.), dan lain sebagainya. Tentu saja, itu dilarang. Namun, memang belum ada terminal khusus barang,” katanya.

Ia mengakui sudah berkali-kali melakukan penertiban terhadap truk-truk yang parkir sembarangan, tetapi mereka kembali mengulangi perbuatannya ketika petugas Dishubkominfo sudah meninggalkan lokasi.

“Ya, memang harus ada solusi. Kami tidak bisa hanya sekadar melarang, tetapi di sisi lain terminal truknya memang belum ada. Kalau bisa, Terminal Terboyo dijadikan untuk parkir truk,” katanya. (jn16-ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *