Dana Pembangunan Pasar Klewer Kurang Rp 6 M

  • Whatsapp
Pasar Klewer Solo

SOLO, Jowonews.com – Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta ajukan permohonan bantuan Rp6 miliar untuk tambahan pembangunan proyek Pasar Klewer yang terbakar habis akhir tahun 2014 kepada pemerintah pusat.

Kepala DPP Pemkot Surakarta Subagiyo di Solo, Rabu mengatakan tambahan anggaran Rp6 miliar guna menuntaskan pembangunan Pasar Klewer tahap kedua. Anggaran dibutuhkan melengkapi bangunan pasar dengan fasilitas pendukung.

Bacaan Lainnya

“Ya kami akan menambah fasilitas penunjang operasional Pasar Klewer, ternyata setelah kami hitung, anggaranya masih kurang Rp6 miliar,” katanya.

Subagiyo mengatakan akan menambah sejumlah fasilitas, diantaranya lift, hidran, genset, grown tank dan travelator.

“Ya saat ini kami saat akan mengirimkan permohonan tambahan anggaran tersebut kepada pemerintah pusat. Mudah-mudahan disetujui di APBN Perubahan tahun ini. Kami ajukan ke pusat karena anggaran pembangunan semuanya berasal dari pemerintah pusat,” katanya.

Ia mengatakan sesuai rencana Pasar Klewer sisi barat akan dilengkapi travelator enam unit. Selain itu lima lift untuk memberikan fasilitas bagi pedagang maupun pembeli pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah.

“Proyek tahap lanjutan Pasar Klewer akan segera dimulai. Hasil lelang siap diumumkan dalam waktu dekat,” katanya.

Ia mengatakan pembangunan Pasar Klewer sisi barat akan dimulai kembali pada akhir bulan ini dan diharapkan selesai akhir Desember.

Berdasarkan rancangan yang disusun DPP, Pasar Klewer nantinya bakal memiliki 1.532 kios. Bangunan pasar barat nantinya akan terintegrasi dengan bangunan Pasar Klewer sisi timur.

Bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung kedua bangunan pasar tersebut.

“Jadi nanti bangunan sisi timur hanya dibangun dua lantai ke bawah. Ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur,” katanya.

Subagiyo telah menyosialisasikan rencana pembangunan pasar timur kepada pedagang. Data DPP, jumlah pedagang pasar sisi timur tercatat ada 446 pedagang. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *