Harga Elpiji 3 kg di Karimunjawa Tembus Rp30 ribu

  • Whatsapp

JEPARA, Jowonews.com – Harga jual elpiji ukuran tabung 3 kilogram tiap daerah sering berbeda. Namun di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara harganya mencapai Rp30.000 per tabung.

Harga itu sama saja hampir dua kali lipat dari harga di pasaran di Jateng. Di tingkat agen di Semarang harganya sekitar Rp17 ribu, sedangkan di pangkalan bisa sekitar Rp18 ribu hingga Rp20 ribu.

Menurut Sekretaris Kecamatan Karimunjawa Budi Krisnanto di Jepara, mahalnya harga jual elpiji 3 kg di pasaran memang sudah berlangsung lama.

Hanya saja, kata dia, tidak sampai Rp30.000 per tabung karena di pasaran biasanya hanya Rp27.000/tabung.

“Mudah-mudahan, saat ini sudah mulai turun dan kembali dijual dengan harga normal,” ujarnya, Kamis (14/3).

Ia mengakui tidak mengetahui secara persis kenaikan harga jual elpiji tersebut karena dampak dari distribusi dari Kabupaten Jepara ke Karimunjawa menyusul adanya aturan soal transportasi pengangkutannya atau faktor lain.

Terkait transportasi pengangkut bahan bakar minyak (BBM) maupun elpiji, lanjutnya sudah ada pertemuan dengan sejumlah pihak terkait, bahwa distribusinya nanti menggunakan kapal siginjai.

Pasalnya, kata dia, otoritas pelayaran tidak memberikan izin pengangkutan terhadap kapal nelayan.

Meskipun sempat ada kenaikan harga jual elpiji, stok elpiji untuk saat ini tersedia cukup dalam waktu beberapa hari mendatang. (JN19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *