Pemkot Solo Jamin tak Ada PNS Siluman

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menjamin tidak ada pegawai negeri sipil “siluman” atau tidak jelas statusnya di lingkungan pemkot setempat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemkot Surakarta Hari Prihanto di Solo, Jumat, mengatakan berdasarkan pelaksanaan Program Pendataan Ulang PNS (PUPS) secara elektronik yang selesai sejak Desember lalu, seluruh PNS pemkot setempat tervalidasi.

Bacaan Lainnya

Beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Nasional menemukan sekitar 57 ribu PNS “siluman” tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Ia menyebut verifikasi data PNS pemkot setempat dilakukan secara ketat, dan bahkan melalui empat tahap, mulai dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah, BKD Pemkot Surakarta, BKN regional, dan BKN pusat.

“Ya memang awalnya sempat ada tiga pegawai yang tidak mengisi ulang datanya lewat program e-PUPNS, namun setelah kita teliti ternyata mereka tidak mengisi karena merasa sudah mau pensiun. Dan akhirnya kita susulkan ke BKN dan sudah beres. Artinya PNS ‘siluman’ di Solo ‘zero’,” katanya.

Ia menjelskan semua pegawai sudah teregistrasi dalam sistem kepegawaian elektronik.

Hal tersebut, ujarnya, dibuktikan dengan tidak adanya permintaan dari BKN kepada pihaknya untuk melakukan verifikasi ulang, seperti daerah lainnya yang ditemukan PNS “siluman”.

“Ya itu artinya data kami sudah beres. Sudah sama dengan data yang ada di BKN dan semua PNS sudah daftar ulang lewat PUPNS,” katanya.

Kepala Pengembangan BKD Pemkot Surakarta Lancer S Naibaho mengatakan hingga Maret lalu jumlah PNS di lingkungan Pemkot Surakarta mencapai 9.325 orang, terdiri atas 4.592 laki-laki dan 4.733 perempuan.

“Seluruh data sudah masuk ke BKN dan di sana tercatat atas nama Pemkot Surakarta jadi satu, sudah bukan per SKPD lagi. Dan PUPS Solo sudah selesai sejak akhir tahun lalu,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *