30 Ribu Pemudik Senin Dini Hari Dari Pelabuhan Semayang Menuju Surabaya

  • Whatsapp

BALIKPAPAN, Jowonews.com – Sekitar 30 ribu pemudik Senin (4/7) dini hari berangkat dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menuju Makassar dan Surabaya.

“Jumlah itu sudah termasuk 2.000 penumpang dari Kapal Motor (KM) Bukit Siguntang tujuan Parepare, Sulawesi Selatan,” kata petugas pos mudik Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Pelabuhan Semayang Balikpapan, Muhammad Yitno.

KM Bukit Siguntang merapat pukul 21.00 WIB dan pada tengah malam berangkat menuju Parepare. Kapal yang dioperasikan PT Pelni itu sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Malundung, Tarakan, Kalimantan Timur.

Sebelumnya, KM Lambelu menjemput penumpang tujuan Surabaya pada Minggu (3/6) pukul 11.00 WITA.

Sampai H-3 Lebaran ini, ada 47 pelayaran yang berangkat dari Semayang Balikpapan dengan tujuan mudik utama adalah Surabaya dan Makassar.

“Dari dua kota itu para pemudik meneruskan perjalanan lagi ke kota-kota lain,” kata Yitno.

Para pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Semayang adalah sebagian besar para buruh pertambangan batubara dan perkebunan kelapa sawit dan buruh konstruksi.

Mereka berdatangan dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Balikpapan sendiri.

“Mereka yang jauh itu sudah tiba di Pelabuhan ini sehari sebelum kapal datang,” kata Yitno.

Hal ini membuat ribuan orang memenuhi terminal penumpang dan meluber hingga halaman pelabuhan. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *