Lanting, Cemilan Kebumen Banyak Disukai Perantau

  • Whatsapp

KEBUMEN, Jowonews.com – Liburan Lebaran merupakan saat yang tepat untuk mencicipi makanan khas di daerah. Bagi pemudik yang melintas di jalur selatan, saat sampai di Kebumen bisa menikmati jajanan dengan nama, Lanting atau dulu terkenal dengan sebutan Klanting.

Cemilan yang bentuknya seperti angka delapan ini sangat mudah didapatkan di toko toko makanan di sepanjang jalur selatan. Di Pasar Prembun Kebumen misalnya, banyak kios yang menyediakan cemilan Lanting.

Cemilan Lanting sudah ada sejak lama, dan kini tersedia dalam aneka rasa mulai pedas manis, jagung bakar, bawang, keju, dan rasa lainnya.

Makanan yang terbuat dari singkong ini memang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru nusantara. Hal ini terbukti dari para perantau asal Kebumen jika mudik mayoritas oleh-oleh yang dibawa ketika ke tanah rantau lagi adalah Lanting. Bahkan teman-teman yang dirantau jauh hari sudah pesan ke perantau asal Kebumen agar membawakan Lanting.

Rahmat, salah satu penyuka Lanting mengaku selalu membawa Lanting jika mudik ke Kebumen.

“Ini saya sudah beli Lanting banyak, untuk makanan Lebaran sekalian nanti dibawa pas pulang ke Semarang,“ ujar Rahmat yang sedang mudik ke Prembun Kebumen.

Di Kebumen, pusat produksi lanting di sebenarnya tersebar di beberapa kecamatan. Namun ada dua kecamatan yang mendominasi produk lanting yakni Kecamatan Kuwarasan dan Karanganyar. Di kecamatan Kuwarasan pusatnya ada di Desa Lemah Duwur. (Jn19)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *