Kurangi Kemacetan, Wisatawan Yogyakarta Dihimbau Gunakan Angkutan Umum

  • Whatsapp

YOGYAKARTA, Jowonews.com – Yogyakarta termasuk kota wisata yang selalu menjadi tujuan utama wisatawan, utamanya saat liburan Lebaran. Guna mengurangi kemacetan jalan, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengimbau wisatawan yang akan mengunjungi Yogyakarta selama libur Lebaran lebih banyak menggunakan moda angkutan umum.

“Lebih baik menggunakan moda angkutan umum seperti Transjogja untuk berkeliling di dalam kota dibanding kendaraan pribadi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho di Yogyakarta, Selasa.

Dinas Perhubungan menyampaikan imbauan tersebut karena kapasitas tempat parkir di tempat-tempat tujuan wisata utama Kota Yogyakarta terbatas sehingga wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi kemungkinan akan sulit mencari lokasi parkir.

Tujuan wisata utama di Kota Yogyakarta yang diperkirakan padat wisatawan saat libur Lebaran adalah Malioboro, yang area parkirnya sangat terbatas.

Tempat parkir bagi pengunjung kawasan itu disiapkan di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Taman Parkir Senopati, Sriwedani, Taman Parkir Ngabean dan Malioboro II serta beberapa sirip jalan di sepanjang Jalan Malioboro untuk kendaraan roda empat.

Bagi wisatawan yang menggunakan sepeda motor, tempat parkir disediakan di lantai dua dan tiga Taman Parkir Abu Bakar Ali.

“Oleh karena itu sebaiknya wisatawan memarkirkan kendaraan mereka di luar kota untuk kemudian menggunakan Transjogja guna menuju Malioboro dan kawasan wisata di sekitarnya,” katanya.

Wirawan mengatakan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Malioboro biasanya hanya berputar-putar di Malioboro dan Jalan Mataram hingga berjam-jam hanya untuk mencari tempat parkir.

“Kondisi tersebut menyebabkan ruas Jalan Malioboro dan kawasan sekitarnya menjadi sangat padat,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *