82 Ribu Wisatawan Kunjungi Gunung Kidul

  • Whatsapp

WONOSARI, Jowonews.com – Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat ada 82 ribu wisatawan yang berkunjung di sejumlah objek wisata di daerah ini selama libur Lebaran 2016.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan sampai malam ini (Jumat) data yang masuk baru sekitar 82 ribu di luar sejumlah objek wisata yang belum melaporkan kunjungan.

“Baron belum masuk, dan sejumlah retribusi yang ditarik malam belum melaporkan,” katanya.

Ia mengatakan kemungkinan ada penurunan wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul karena libur Lebaran 2016 cukup pendek dibandingkan tahun lalu. Selain itu, ada kemacetan di sejumlah titik saat arus mudik.

“Libur Lebaran 2015 pasca-Idul Fitrinya panjang, tetapi tahun ini pendek,” kata dia.

Namun demikian, pihaknya belum berani memastikan apakah total kunjungan akan mencapai target sebanyak 350 ribu wisatawan selama kunjungan libur Lebaran 2016.

“Belum bisa disimpulkan apakah ada penurunan atau kenaikan, karena beberapa destinasi laporannya belum masuk, dan juga masih beberapa hari liburannya,” katanya.

Hary mengatakan pihaknya selama libur lebaran menyediakan berbagai tambahan hiburan tradisional bagi wisatawan. “Ada beberpaa destinasi yang menggelar hiburan,” ucapnya.

Sementara untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, pihaknya pun melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, dan instansi lainnya. “Kami koordinasikan untuk mengantisipasi kepadatan,”kata dia.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Samiyono mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi kepadatan dengan menempatkan petugas dan rekayasa arus.

“Kami sudah siapkan berbagai jalur alternatif jika ada kepadatan,” katanya. jn16-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *