5 PNS Bolos di Pemkab Semarang Terancam Sanksi

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Sebanyak lima pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Semarang kedapatan absen atau tidak hadir pada hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran.

“Tidak ada keterangan dari masing-masing PNS tersebut,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Semarang Supramono di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin.

Bacaan Lainnya

Jadi, kata dia, pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kelima PNS dari berbagai dinas tersebut tidak masuk kerja pada Senin (11/7) ini, setelah libur panjang Lebaran 1437 Hijriah.

Ia menyebutkan kelima PNS itu berasal dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Kecamatan Ungaran Timur.

“Yang jelas, ketidakdisiplinan mereka pada hari pertama pascalibur Lebaran sudah terpantau jajaran pimpinan Pemkab Semarang. Kami sudah laporkan Sekda, Bupati, dan Wakil Bupati,” katanya.

Menurut dia, kelima PNS itu dipastikan akan mendapatkan pembinaan dari tim kepegawaian yang menilai disiplin kerja PNS, namun belum ada penjelasan lebih lanjut sanksi yang bakal dijatuhkan.

“Nanti akan dibentuk tim kepegawaian yang merapatkan masalah ini. Tentunya, akan ada langkah-langkah mengenai pembinaan disiplin pegawai dari tim ini,” kata Supramono.

Meski demikian, kata dia, mengacu pada aturan disiplin PNS ada sanksi peringatan, pemotongan tambahan penghasilan pegawai (TPP), serta sanksi-sanksi lain yang diatur dalam perundang-undangan.

“Ada proses klarifikasi juga kepada yang bersangkutan. Dilihat pula apakah yang bersangkutan pernah melakukan hal sama dan berapa lama bolos kerja. Sanksi sesuai tingkat kesalahannya,” tegasnya.

Sementara itu, pantauan hari pertama masuk kerja di lingkup Pemkab Semarang dilakukan langsung oleh Bupati Semarang Mundjirin di sejumlah kantor satuan kerja perangkat dinas (SKPD) setempat.

Di antaranya, SKPS-SKPD yang berada di kawasan Kantor Pemkab Semarang, kemudian Kecamatan Bawen, Bergas, serta Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan, namun tidak ditemukan PNS absen.

Sementara Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha memimpin apel dan menemukan dua PNS yang tidak hadir, namun ketidak hadiran dua PNS itu dikarenakan sedang cuti menjalani pendidikan. jn16-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *