Ratusan Balon Syawalan Payaman Dilepas

  • Whatsapp

MAGELANG, Jowonews.com – Masyarakat Desa Payaman Kabupaten Magelang, Rabu (13/7) melakukan pelepasan balon tradisional dari plastik dan kertas sebagai tanda tradisi syawalan di daerahnya.

Ketua Panitia syawalan Dusun Kauman, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Wahyu Budi Hartanto (27) di Magelang, mengatakan pada syawalan kali ini diterbangkan 600an balon, empat diantaranya merupakan balon besar dengan ukuran tinggi 13 meter, diameter delapan hingga 10 meter.

Ia menuturkan balon besar terdiri atas balon plastik satu buah dan tiga balon dari kertas. Ukuran balon kecil antara 1,5 meter hingga tiga meter.

Dia mengatakan tradisi syawalan yang dilakukan setelah perayaan Idul Fitri, yaitu setiap tanggal 8 Syawal ini telah berlangsung turun-temurun.

“Pelepasan balon merupakan tradisi dari tahun ke tahun pascalebaran yang terus kami lestarikan sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME dan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga. Kegiatan ini juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat dalam merayakan Lebaran,” katanya.

Selain pelepasan balon, dalam tradisi syawalan di desa tersebut juga diselenggarakan pentas hiburan kesenian tradisional.

“Kali ini kami menampilkan kesenian tradisional sorengan dari Ngablak, Kabupaten Magelang,” imbuhnya.

Di sela penerbangan balon, panitia membunyikan puluhan petasan yang direnteng dengan digantungkan pada sebuah tali. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *