Di Batang, Harga Cabai Merah Tembus Rp60 Ribu

  • Whatsapp
ILUSTRASI

BATANG, Jowonews.com – Harga cabai merah di berbagai daerah saat ini melambung tinggi. Di Batang harga cabai merah bahkan sudah mencapai Rp60 ribu per kg dari sebelumnya Rp35 ribu per kg.

Pedagang sayuran Pasar Warungasem, Kabupaten Batang, Nurahmah mengatakan bahwa kenaikan harga cabai merah berlangsung bertahap yaitu dari Rp20 ribu per kg kini mencapai sekitar Rp60 ribu per kg.

“Akibat kenaikan harga cabai merah, omset penjualan para pedagang turun. Jika Sebelumnya kami mampu menjual cabai sekitar 10-20 kilogram per hari tetapi kini 5 kilogram hingga 9 kg per hari. Tentunya, hal itu membuat keuntungan yang kami peroleh juga turun,” katanya, sabtu (29/10).

Selain cabai merah, lanjutnya, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit hijau yang semula hanya Rpp10.000 perkilogram kini naik mencapai Rp25 ribu hingga Rp35 ribu per kg.

Menurut dia, para pedagang cabai tidak mengetahui persis terjadinya kenaikan harga bahan terasa pedas ini karena hingga kini pasokannya juga masih relatif lancar. “Kenaikan harga cabai ini jelas berdampak pada pendapatan para pedagang cabai karena keuntungan dari hasil berjualan bisa anjlok hingga 40 persen,” katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai ini kemungkinan dipicu kondisi curah hujan yang relatif cukup tinggi sehingga mengakibatkan tanaman cabai layu sebelum waktu panen.

Selain itu, kata dia, banyaknya cabai yang diserang oleh hama wereng sehingga keberadaan bahan berasa pedas ini mulai langka sehingga memicu harga cabai naik.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Batang, Dewi Wurianti mengatakan keberadaan cabai merah selama ini menjadikan jenis sayuran yang paling sering mengalami fluktuasi harga.

Penyebabnya pun, kata dia, beragam seperti penurunan volume panen, kurangnya pasokan, gangguan distribusi sampai dengan masuknya musim hujan yang menyebabkan barang berasa pedas itu cepat membusuk.

“Akan tetapi, jika harga cabai terus mengalami kenaikan maka kami bersama instansi terkait segera melakukan antisipasi terhadap kenaikan harga cabai di pasar. selain itu juga kami akan berbicara dengan para pedagang besar supaya bisa mencari jalan keluar dan menyelesaikan kenaikan harga ini,” tandasnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *