320 Siswa Ikuti Diklat Penanaman Karakter

KENDAL, Jowonews.com – Sebanyak320 siswa SMA dan SMP mengikuti diklat penanaman karakter yang diselenggarakan SMAN 1 Gemuh, kemarin. Siswa yang mengikuti diklat terdiri dari seluruh siswa kelas X sejumlah 226 anak, tim Paskibraka 20 anak serta perwakilan siswa SMP dan MTS di Kecamatan Gemuh dari 11 sekolah sebanyak 44 anak.

Para guru juga ikut memeriahkan acara yang dipandu anggota TNI dari Kodim 0715 Kendal dan Koramil Gemuh.

Panitia penyelenggara Puji Lestari mengatakan, tujuan diselengarakan diklat untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan anak dan rasa nasionalisme membangun tim work yang baik karena dirangkai dengan kegiatan out bound. Menurutnya kegiatan diawali dengan apel pagi seharusnya dipimpin Dandim 0715 Letkol Inf Piter Dwi Ardianto namun karena berhalangan akhirnya dipimpin Kapten Eko Setyobudi.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Gemuh Siswanto mengatakan, selain untuk membentuk karakter, menumbuhkan wawasan kebangsaan anak dan rasa nasionalisme, membangun tim work yang baik juga memberikan ruang anak untuk mengekspresikan kemampuan yang dimilikinya.

Dikatakan, para anak masih memiliki waktu dan kesempatan yang besar dalam berekspresi sehingga kalau tidak diberikan ruang bisa menjurus dengan perilaku yang menyimpang. Apalagi saat ini banyak temuan siswa yang terjerat dalam penyalahgunaan narkoba.

’’Kegiatan ini sangat positif sehingga dapat menjauhkan anak dari penyalahgunaan narkoba,’’ ujar Siswanto.

Siswanto berharap anak-anak  di SMAN 1 Gemuh dan sekolah sekitar dapat memiliki karakter dan patriotisme serta menjauhkan diri dan keluarga dari jeratan narkoba. Selain itu pihaknya juga ingin mengenalkan keberadaan SMAN 1 Gemuh kepada para siswa SMP da MTS sekitar.

Dijelaskan, ada 44 ekstra kurikuler yang bisa diikuti siswa untuk mengembangkan keahliannya.

Salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan diklat penanaman karakter, Sobirin, 16, mengaku pihaknya sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Dikatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali diikuti sehingga dirinya sangat serius dan konsentrasi dalam mengikuti setiap kegiatan. (JN09/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *