Massa Aksi 4 November Awali Hari dengan Sholat Shubuh Berjamaah, Tilawah dan Bersih-bersih Area Masjid

  • Whatsapp
Massa aksi 4 November. (Foto: Yoga Pratama)

JAKARTA, Jowonews.com – Massa dari luar Jakarta mulai memadati Masjid Istiqlal yang menurut rencana akan menjadi titik kumpul pengunjuk rasa pada 4 November 2016. Mereka merupakan massa Gerakan Nasional Pembela Fatwa MUI (GNF-MUI) yang akan berdemonstrasi menuntut penuntasan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) siang ini.

Berdasarkan pantauan di Jakarta, Jumat, kedatangan massa tersebut mulai terjadi sejak Kamis malam (3/11) seusai sholat Isya dan jumlahnya makin bertambah. Massa itu terlihat berkumpul di halaman Masjid Istiqlal untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan jauh. 

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdulsalam mengatakan banyak warga yang memberikan sumbangan makanan dan minuman untuk peserta aksi unjuk rasa sejak Kamis (3/11) pagi.

Ia memastikan sumbangan logistik yang diberikan tersebut telah diberikan atas nama pribadi dan tidak berasal dari organisasi maupun partai politik. “Semuanya atas nama hamba Allah,” ujar Abu.

Massa pendemo memang telah menempati Masjid Istiqlal sejak semalam. Lokasi masjid itu menjadi titik awal long-march yang akan diikuti ribuan peserta demo.

Massa yang berkumpul di Masjid Istiqlal melakukan salat Subuh berjamaah. Sebelum salat Subuh, massa melakukan sujud tilawah. Sujud Tilawah adalah gerakan sujud yang dilakukan ketika membaca ayat-ayat sajadah dalam Al-Quran. Mereka pun tampak khusyuk menjalankan salat Subuh berjamaah.

Usai salat Subuh, kegiatan yang dilakukan para jamaah kembali seperti biasa. Ada yang berkumpul, ada pula yang berdoa, dan ada pula yang melanjutkan beristirahat.

Usai salat Subuh tadi, mereka sarapan bersama dan menyebabkan sampah berserakan. Akhirnya sekitar pukul 07.20 WIB, area pintu utama masjid yang dipenuhi sampah akhirnya dibersihnya dengan cara kerja bakti dari para peserta demo. 

Sampah berserakan di sekitar Masjid Istiqlal. Pengurus masjid pun melalui pengeras suara mengimbau massa pendemo membersihkan sampah di sekitar masjid. “Kepada seluruh peserta demo diharapkan untuk membersihkan sampahnya agar kebersihan masjid terjaga,” ujar pengurus masjid melalui pengeras suara, Jumat (4/11/2016).

Saat ini area masjid telah kembali bersih. Sampah yang telah dikumpulkan lalu diletakkan di beberapa titik di sekitar masjid.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengatakan bahwa massa pengunjuk rasa akan berkumpul di Masjid Istiqlal, sebelum melakukan demonstrasi pada 4 November 2016. “Titik kumpul di Masjid Istiqal. Baru bergerak usai shalat Jumat,” kata Irjen Iriawan di Gedung Bareskrim, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Menurut dia, massa yang berkumpul di Masjid Istiqlal, usai shalat Jumat akan berjalan kaki ke Hotel Borobudur, Gereja Immanuel di Gambir, Jalan Medan Merdeka Selatan melewati Kedubes Amerika Serikat, Balai Kota, Patung Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat menuju ke depan Istana Merdeka. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *