Akademisi: Hari Pahlawan Momentum Bangun Patriotisme

  • Whatsapp
ILUSTRASI

PURWOKERTO, Jowonews.com – Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Edi Santoso mengatakan, peringatan Hari Pahlawan harus menjadi momentum bagi generasi muda dalam membangun karakter patriotisme.

“Ini momentum untuk membangun karakter patriotisme, karaktek seorang patriot,” kata Edi Santoso yang merupakan dosen di FISIP Unsoed, di Purwokerto, Kamis.

Dia menjelaskan, generasi muda perlu memetik nilai-nilai yang dimiliki para pahlawan seperti sikap berani, pantang menyerah dan rela berkorban bagi bangsa dan negara.

“Nilai-nilai kepahlawanan tadi dapat diwujudkan oleh para generasi muda dengan cara mempersiapkan dirinya dengan baik, baik secara kompetensi maupun karakter sehingga dapat melanjutkan cita-cita para pahlawan membangun bangsa ini,” katanya.

Dia menjelaskan, generasi muda sekarang merupakan calon pemimpin Indonesia di masa depan.

“Dalam periode sepuluh atau dua puluh tahun ke depan, para generasi muda ini bisa saja menjadi seorang pejabat tinggi, seorang menteri atau bahkan seorang presiden,” katanya.

Karena itu, karakter patriotisme harus ditanamkan sejak dini kepada para pemuda generasi penerus bangsa.

“Jika para calon pemimpin ini membangun karakter patriotisme, yang memiliki sikap berani, pantang menyerah dan rela berkorban bagi bangsa dan negara seperti para pahlawan, maka akan menjadi pemimpin yang baik, adil, jujur dan lain sebagainya,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, cita-cita para pahlawan membangun bangsa Indonesia dapat dilanjutkan dengan baik oleh para generasi muda.

“Karena itu, mari memanfaatkan momentum Hari Pahlawan ini untuk bersama-sama membangun karakter patriotisme,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *