Kerjasama Bilateral, Indonesia-Singapura Sepakat Kembangkan Pariwisata

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SEMARANG, Jowonews.com – Kerjasama bilateral antara Indonesia dan Singapura telah menyepakati pengembangan kerjasama di bidang pariwisata melalui penandatanganan nota kesepahaman antara dua negara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Wisma Perdamaian Semarang, Senin (14/11) menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, yang mewakili Singapore Tourim Board (STB), S. Iswaran.

Presiden Jokowi pada kesempatan pernyataan pers bersama setelah penandatanganan MoU tersebut menyatakan penandatangan kerja sama di bidang pariwisata tersebut akan memperkuat kerja sama, termasuk pengembangan destinasi wisata baru di Indonesia.

“Kami menyambut baik penandatangan kerja sama di bidang pariwisata yang tadi telah ditandatangani,” ujarnya.

Sementara Menpar Arief Yahya mengatakan bahwa kerja sama yang akan dikembangkan antara dua negara meliputi tiga area. “Ada 3 area kerja sama sektor pariwisata Indonesia-Singapura, yaitu ‘joint marketing’, ‘cruise’ atau kapal pesiar, dan ‘MICE’ (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition),” tuturnya.

Kegiatan yang dapat dilakukan adalah pembangunan destinasi dan pelabuhan; pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan, seminar, dan loka karya; penelitian dan pengembangan; investasi pariwisata; kerja sama sektor swasta; dan pertukaran informasi.

Menurut Arief Yahya, proses kelahiran MoU Kerja Sama Pariwisata RI-Singapura tersebut tak membutuhkan waktu lama. “Ini adalah MoU tercepat yang pernah dibuat Singapura,” ungkap Leong Yue Kheong, Assistant Chief Executive of Singapore Tourism Board.

Memang sejak 2010, Singapura menunjukkan minatnya untuk bekerja sama di bidang kapal pesiar. Namun, Indonesia masih mengkalkulasi untung ruginya bekerja sama di bidang kapal pesiar dengan Singapura. Baru kemudian pada era Presiden Joko Widodo, diputuskanlah bahwa kerja sama pariwisata dengan Singapura harus diprioritaskan. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *