Waspadai DBD dengan 3M Plus

ILUSTRASI

CILACAP, Jowonews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai DBD di musim penghujan seperti saat ini, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Marwoto di Cilacap, Senin (14/11).

Dia menjelaskan, kebersihan lingkungan harus dijaga melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dinilai efektif dalam menekan penyebaran DBD. “Masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan melalui kegiatan PSN sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit DBD,” katanya.

Kegiatan PSN dimaksud, adalah dengan cara ‘3M Plus’ yakni menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular zika.

Sedangkan yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Selain itu, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur dan memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.

Dismaping itu menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Dia menambahkan, dinas kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, nyamuk aedes yang sering dikenal dengan nyamuk belang-belang (hitam-putih) hinggap dan beristirahat di dalam rumah dan gedung pada pakaian yang digantung, gorden, dinding rumah dan tempat-tempat lainnya yang agak gelap. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.