Borobudur Marathon 2016 Dijaga Ribuan Aparat Keamanan

ILUSTRASI

MAGELANG, Jowonews.com – Pelaksanaan Bank Jateng Borobudur Marathon 2016 pada Minggu (20/11) menjadi perhatian serius bagi aparat keamanan. Bahkan polisi menerjunkan 1.994 personel untuk mengamankan pelaksanaan event tersebut.

Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, sejumlah personel tersebut terdiri atas 982 personel dari Polres Magelang, bantuan dari Polda Jateng dan Polres tetangga sekitar 726 personel, Kodim 0705/Magelang 100 personel, Armed III 100 personel, dan sisanya dari Dishub dan Satpol PP.

“Tingkat kerawanan yang perlu diperhatikan untuk peserta Ultra Marathon. Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan Polres Semarang dan Boyolali,” katanya, Kamis (17/11).

Ia menuturkan antisipasi terhadap kerawanan bagi peserta Ultra Marathon sebanyak 87 orang perlu dilakukan agar kejadian yang diselenggarakan Mesastila tidak terulang. Ketika itu, ada salah satu peserta dari Indonesia yang terkena air keras di daerah Boyolali.

“Kami minta dukungan dari provinsi maupun aparat desa setempat lintasan yang dilewati untuk menggerakkan relawan menyukseskan acara ini,” katanya.

Menurutnya, untuk memperlancar kegiatan marathon saat melintas di jalan raya, khususnya di Salaman akan dilakukan alih arus, sedangkan mulai dari Kadiwongso ke arah Borobudur akan ditutup. Selain itu, diberlakukan separuh jalan khususnya bagi peserta Full Marathon saat melintasi jalan raya. Sedangkan di kawasan Palbapang Mungkid dilakukan sistem buka tutup.

Ketua Panitia Bank Jateng Borobudur Marathon 2016, Budi Santoso mengatakan peserta yang telah melakukan registrasi ulang sebanyak 18.552 orang yang terbagi peserta Ultra Marathon 86 orang, Full Marathon 54 orang, Half Marathon ada 1.250 orang dan Borobudur 10K sebanyak 15.252 orang.

Ia menuturkan pendaftaran melalui online telah ditutup pada Rabu (16/11), sedangkan pendaftaran offline masih dibuka hingga Sabtu (19/11). Pendaftaran offline dan pengambilan “goodie bag” dilayani di Atrium Artos Mal Magelang.

Ia menyebutkan dalam Bank Jateng Borobudur 2016 melombakan lima kategori yakni Borobudur Abassador Run and Celebrity Run menempuh jarak tiga kilometer, kemudian Borobudur 10K, Borobudur Half Marathon menempuh 21 kilometer, Borobudur Full Marathon menempuh jarak 42 kilometer dan Ultra Marathon menempuh jarak 120 kilometer.

Ditambahkan, peserta Borobudur Abassador Run and Celebrity Run dari beberapa Dubes sejauh ini masih menunggu konfirmasi akhir. Nantinya, akan ada sekitar 20 artis lokal yang mengikutinya. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *