Tahun Ini Mahasiswa UGM Raih 508 Penghargaan

  • Whatsapp
ILUSTRASI

YOGYAKARTA, Jowonews.com – Sepanjang tahun ini mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) tercatat meraih sebanyak 508 prestasi dari berbagai kegiatan, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Ini adalah capaian luar biasa, tahun ini kita benar-benar telah membuktikan bahwa mahasiswa UGM memiliki kualitas dan prestasi yang luar biasa,” ujar Kepala Sub Direktorat Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan, saat pembacaan data Direktorat Kemahasiswaan UGM periode Januari hingga pertengahan Novemer 2016 di Kampus UGM Yogyakarta, Senin (21/11).

Menurutnya, ratusan prestasi berhasil diraih mahasiswa UGM dari berbagai kompetisi di level nasional hingga internasional. Dan capaian tersebut merupakan catatan prestasi yang cukup membanggakan universitas.

Data Direktorat Kemahasiswaan UGM mencatat hingga pertengahan November 2016 perolehan juara 1 sebanyak 233 prestasi. Selanjutnya, juara 2 sebanyak 139, juara 3 sebanyak 118, dan juara harapan sejumlah 18 prestasi.

Sementara berdasar level kompetisinya, katanya, prestasi paling banyak diperoleh dari tingkat nasional yakni mendapatkan 379 medali. Kemudian disusul kompetisi internasional dengan 80 medali dan terakhir regional sebanyak 49 medali.

“Kita sangat kuat di level nasional dan cukup menjanjikan di level internasional. Data ini akan menjadi sangat penting sebagai dasar penentuan strategi dan kebijakan untuk mempertajam capaian prestasi di tahun 2017,” ujar Agus.

Ia menambahkan, catatan prestasi tahun ini jauh melebihi catatan di tahun lalu, dengan mengalami peningkatan signifikan, lebih dari 400 persen, dengan catatan 114 prestasi di tahun 2015 berbanding 508 di tahun ini.

“Tahun lalu kami memulai catatan dari pertengahan tahun dan program pencatatan prestasi ini belum tersosialisasi secara menyeluruh ke kantong-kantong mahasiswa. Artinya, tahun ini dapat dikatakan pencatatan prestasi setahun penuh yang pertama kali,” tambahnya. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *