12 Rumah Rusak Berat Disapu Angin Kencang

ILUSTRASI

BANTUL, Jowonews.com – Setidaknya 12 rumah rusak berat disapu angin kencang yang terjadi pada Senin (21/11) petang. Ini berdasarkan dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul.

Staf Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Bantul Centauri di Bantul mengatakan, kerusakan rumah ada yang diakibatkan karena diterjang angin maupun tertimpa pohon yang roboh karena angin kencang itu.

“Kejadian angin kencang menerbangkan asbes dan merusak bagian atap rumah, ada juga yang menyebabkan pohon tumbang dan kemudian menimpa rumah warga,” katanya, Selasa (22/11).

Selain menyebabkan kerusakan bagian atap rumah, lanjutnya, angin kencang yang menyertai hujan deras pada Senin (21/11) petang juga mengakibatkan mushola, tempat bermain anak bahkan sebuah industri rumahan juga rusak.

Menurutnya, total ada sebanyak 25 titik tersebar di beberapa kecamatan Bantul yaitu wilayah Sewon dan Banguntapan yang terdampak angin kencang itu, dengan kejadian terbanyak di wilayah Desa Bangunharjo Sewon.

Pohon tumbang selain mengakibatkan kerusakan rumah, juga mengakibatkan kerusakan jaringan listrik PLN karena putus tertimpa pohon, kemudian mengakibatkan akses jalan terganggu sehingga langsung dilakukan evakuasi.

Hingga saat ini, Pusdalops BPBD Bantul belum menghitung berapa nilai kerugian materiil akibat angin kencang tersebut, sebab lembaganya masih mengumpulkan data dan laporan dari korban. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.