KASAU Lantik 200 Perwira TNI AU

  • Whatsapp
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna (kanan) menyematkan badge kepada anggota tim The Jupiters di Lapangan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (11/3). Sebanyak delapan pesawat Jupiter milik TNI AU berangkat menuju Malaysia untuk unjuk kebolehan berakrobatik dalam Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition 2015 pada 17 hingga 21 Maret 2015. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Asf/nz/15.

KARANGANYAR, Jowonews.com – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna melantik 200 perwira TNI AU angkatan ke-19 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Solo, Rabu.

Kasau Agus bertindak selaku inspektur upacara pada pelantikan dan pengambilan sumpah Prasetya Perwira lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) angkatan ke-19 tersebut yang terdiri dari 184 pria dan 16 wanita Angkatan Udara (Wara).

Kasau dalam kesempatan tersebut mengatakan sebanyak 200 perwira itu naik dari pangkat Bintara setelah menyelesaikan pendidikannya di Kesatrian Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo selama delapan bulan.

“Perwira ini dibentuk melalui pendidikan manajerial, soal kepemimpinan, kode etik seorang perwira, sehingga perlu dipupuk harus berubah dari perilaku bintara menjadi perwira selama delapan bulan,” kata Kasau.

Menurut Kasau para perwira tersebut dididik yang tanggap, tanggon, dan profesioanl serta mampu mengemban tantangan tugas ke depan. Mereka dibekali berbagai materi baik pembinaan fisik maupun ilmu pengetahuan umum.

Bahkan, istri perwira yang dilantik tersebut, kata Kasau, juga diberikan bekal melalui penataran selama empat hari. Para istri perwira ini, diberikan materi yang diajarkan antara lain konsep diri, peranan istri perwira, tata rias, komunikasi, bicara efektif, etika pergaulan, dan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Para acara pelantikan tersebut terpilih sebagai siswa lulusan terbaik Setukpa angkatan ke-19, yakni Lenan Dua Agus Tri Susilo, kelahiran Ponorogo tanggal 8 Agustus 1974 asal Satuan Lanud Iswahyudi Madiun.

Kasau menjelaskan, para perwira setelah dilantik tersebut akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan di TNI AU dari Sabang sampai Merauke. Karena, para perwira ini, juga dibentuk diambil dari Bintara berbagai satuan TNI AU di seluruh Indonesia.

“Jika di satuannya misalnya di Merauke membutuhkan perwira ini, maka mereka akan dikembalikan ke daerahnya. Seluruh perwira harus siap bertugas ditempatkan dimana saja,” kata Kasau.

Selain itu, Kasau meminta para perwira tersebut agar memanfaatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan teknik kejuruan yang telah diperoleh untuk bekal menjadi pemimpin pelaksana teknis terkait tugas-tugas operasional di AU.

Sumpah perwira yang telah diucapkan merupakan pernyataan tekad akan kesetiaan kepada NKRI dan tanggung jawab sebagai pemimpin di lingkungan AU. Untuk itu, sumpahnya harus selalu dipegang teguh serta diimplementasikan dengan komitmen yang tinggi.

Acara itu juga dimeriahkan atraksi olahraga aeromodelling yang diperagakan para atlet Jawa Tengah atas pembinaan oleh Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M Tonny Harjono. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *