Comeback Reus dan Sejumlah Rekor Warnai Kemenangan Dortmund Atas Legia

  • Whatsapp

DORTMUND, Jowonews.com – Pertemuan Borussia Dortmund dan Legia Warsawa di matchday 5 Liga Champions bukan cuma menghibur karena ada banyak gol yang tercipta. Laga tersebut juga menghasilkan sejumlah rekor baru.

Ada 12 gol yang mewarnai pertandingan di Signal Iduna Park, Rabu (23/11/2016) dinihari WIB. Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah keluar sebagai pemenang dengan skor 8-4.

Shinji Kagawa dan Marco Reus masing-masing mencetak dua gol untuk Dortmund. Bagi Reus, ini merupakan comeback yang menandai manisnya penampilan perdana Reus di musim ini.

Pemain bintang Dortmund ini mengakhiri penantian panjangnya usai diturunkan sebagai starter dalam pertandingan di Signal Iduna Park, Rabu (23/11/2016). Reus menjadi kapten, menggantikan posisi Marcel Schmelzer yang diistirahatkan.

Kontribusi Reus tercipta di menit 29 saat mengreasi gol Ousmane Dembele yang mengubah keunggulan Dortmund menjadi 4-2. Tiga menit kemudian, Reus membobol gawang Legia sekaligus mencetak gol pertamanya di 2016-17.

“Ini adalah cara untuk membayangkan sebuah comeback setelah waktu yang lama. Aku benar-benar menantikan momen ini dan sudah bekerja sangat keras untuk ini,” ungkap pesepakbola Jerman itu, yang dilansir Soccer Way.

“Aku mencoba untuk agresif dan menikmati permainanku. Aku senang aku bisa membantu tim. Kami harus memperlihatkan bahwa kami konsisten dalam penampilan kami sampai akhir. Kami juga harus bertahan lebih baik,” ujar Reus.

Sementara Nuri Sahin, Ousmane Dembele, dan Felix Passlack masing-masing menyumbangkan satu gol. Satu gol Dortmund lainnya lahir dari gol bunuh diri Jakub Rzezniczak.

Sementara itu, Aleksandar Prijovic mencetak dua gol untuk Legia. Adapun Michal Kucharczyk dan Nemanja Nikolic masing-masing sekali menjebol gawang Dortmund.

Dengan 12 gol yang tercipta, laga ini menjadi laga dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Laga ini memecahkan rekor sebelumnya, yaitu 11 gol saat AS Monaco mengalahkan Deportivo La Coruna 8-3 pada musim 2003/2004.

Dalam catatan BBC, ada rekor-rekor lain yang tercipta pada laga ini, yaitu dalam sejarah Liga Champions, ini adalah pertama kalinya ada delapan pemain berbeda yang mencetak gol pada satu pertandingan yang sama.

Dortmund menjadi tim keempat yang bisa mencetak delapan gol dalam satu pertandingan Liga Champions. Mereka menyamai rekor Liverpool, Monaco, dan Real Madrid. Selain itu, ini adalah laga pertama di kompetisi Eropa yang diwarnai 12 gol sejak Ajax mengalahkan Red Boys Differdange 14-0 di Piala UEFA pada 3 Oktober 1984.

Dalam sejarah Piala Champions dan Liga Champions, cuma ada satu pertandingan yang menghasilkan gol lebih banyak, yaitu ketika Feyenoord mengalahkan KR dengan skor 12-2 pada September 1969. Dalam dua pertemuan dengan Legia di fase grup musim ini, Dortmund melesakkan total 14 gol. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dicetak sebuah tim ke gawang lawan yang sama pada satu musim Liga Champions.

Rekor lain adalah Shinji Kagawa mencetak dua gol dalam waktu cuma 76 detik. Ini adalah dua gol dengan jarak tercepat yang dicetak oleh seorang pemain dalam sejarah Liga Champions. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *