KPU Jateng Jamin Distribusi Logistik Pilkada Tepat Waktu

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menjamin pendistribusian logistik pilkada tepat waktu di tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2017.

“Kami sudah memetakan daerah-daerah pelosok dan daerah yang rawan bencana guna menjamin ketersediaan dan keutuhan logistik pilkada 2017,” kata Komisioner KPU Jawa Tengah Wahyu Setiawan di Semarang, Minggu.

Menurut dia, antisipasi terganggunya pendistribusian logistik pilkada di wilayah rawan bencana juga sudah dikoordinasikan dengan penyelenggara di tiap kabupaten/kota.

“Artinya, jika ada kejadian bencana, logistik pilkada bisa tetap sampai dengan tepat ‘H-1’ di tempat pemungutan suara (TPS),” ujarnya.

Wahyu mengklaim antisipasi terjadinya gangguan distribusi logistik pilkada akibat berbagai faktor, telah dilakukan dengan matang dan melibatkan pihak terkait.

“Di wilayah banjir, TPS disiapkan sedemikian rupa agar tidak ditempatkan di titik yang tergenang sehingga masyarakat nyaman untuk mencoblos, bahkan musim hujan juga diantisipasi jangan sampai ada surat suara rusak karena air,” tuturnya.

Logistik pilkada yang akan didistribusikan ke 13.843 TPS di tujuh kabupaten/kota itu adalah kotak suara, alat tulis, alat pencoblos, bilik suara, dan dokumen lainnya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

Sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah Masruhan Samsurie meminta jajaran KPU memperhatikan berbagai kebutuhan logistik pilkada di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Menurut dia, permasalahan transportasi yang bergantung pada cuaca itu membuat Kepulauan Karimunjawa termasuk salah satu daerah di Provinsi Jateng yang sulit dijangkau untuk distribusi logistik pilkada.

“Logistik pilkada di Kepulauan Karimunjawa selama ini sering terkendala masalah distribusi akibat faktor cuaca sehingga harus diantisipasi oleh KPU Jepara,” ujarnya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *