Penghapusan Ujian Nasional Tinggal Nunggu Persetujuan Presiden

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendi sudah mengusulkan draf keputusan moratorium atau penghentian sementara Ujian Nasional (UN) SD hingga SMA/SMK yang bakal ditiadakan pada 2017 ke Presiden Jokowi. Keputusan itu sekarang tinggal menunggu persetujuan Presiden.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengatakan bahwa pelaksanaan moratorium UN tinggal menunggu persetujuan presiden dan saat ini pengajuan program moratorium tersebut sudah ada di Kementerian Sekretaris Negara (Sesneg).

Menanggapi pernyataan Mendikbud soal pengajuan moratorium UN yang sudah diajukan ke Sesneg, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prof Pratikno yang berada di samping Mendikbud mengatakan kalau sudah ada pengajuan akan diproses. “Kalau sudah ada di meja saya, pasti akan kami proses,” tegasnya.

Nantinya meski dihapus, kata Mendikbud, tetap akan ada ujian akhir bagi siswa yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajat diserahkan ke pemerintah provinsi.

Untuk jenjang SMP dan SD sederajat diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *