Pilkada Serentak Belum Ada Pendaftar Tim Pemantau

SEMARANG, Jowonews.com – Pilkada serentak 2017 di tujuh kab/kota di Jateng segera digelar. Namun hingga kini belum ada lembaga pemantau yang mendaftar sebagai pemantau pilkada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo mengungkapkan bahwa hingga sekarang belum ada yang mendaftar secara resmi ke KPU.
“Tapi kami mendorong masyarakat maupun organisasi masyarakat untuk memantau dan mengawasi setiap tahapan pilkada,” katanya di Semarang.

Ia menjelaskan bahwa pendaftaran lembaga pemantau maupun lembaga survei ke KPU kabupaten/kota masih ditunggu hingga menjelang pemungutan suara.

Menurut dia, pengawasan maupun pemantauan setiap tahapan pilkada bisa dilakukan siapa saja.

“Ketika ada ketidaksesuaian, masyarakat diminta untuk melaporkan, jadi jangan terjebak pada anggaran,” ujarnya.

Ia mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di semua daerah, terutama yang akan menggelar pilkada serentak mengenai semua tahapan pelaksanaan pilkada 2017 dengan harapan pilkada bisa berjalan lancar hingga terpilih kepala daerah yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah Teguh Purnomo mengaku telah membentuk lembaga pengawas hingga ke daerah-daerah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar bisa berperan aktif untuk melakukan pengawasan, kalau menemukan pelanggaran, baik yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta langsung diadukan ke pengawas setempat, nanti pengawas yang menindaklanjuti,” katanya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *