Polresta Solo Amankan Pelaku Jambret Asal Kediri

SURAKARTA, Jowonews.com – Kepolisian Resor Kota Surakarta menangkap seorang pelaku jambret asal Kelurahan Kapas Kunjang Kabupaten Kediri Jawa Timur, yang sering beraksi di wilayah Kecamatan Laweyan Solo.

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ahmad Luthfi melalui Kapolsek Laweyan Kompol Agus Puryadi, di Solo, Selasa, mengatakan, penangkapan tersangka jambret Panorama Nuangsa (22) warga Kediri tersebut hasil pengembangan dari penangkapan dua tersangka sebelumnya.

Menurut Agus Puryadi, dari penangkapan dua tersangka IA (15) warga Gentan Sukoharjo masih di bawah umur dan Angga Lana Setiawan Saputra (21) warga Lumajang Jawa Timur, kemudian mengamankan tersangka Panorama di kosnya, di Dukuh Blimbingan Gatak Sukoharjo, Selasa (22/11).

Menurut Agus Puryadi, tersangka Panorama tersebut berperan sebagai eksekutor terhadap korban, sedangkan Angga Lana menjadi joki atau pengendara sepeda motor.

Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan tersangka Panorama mengaku sudah melakukan aksi jambret sebanyak empat kali di wilayah hukum Laweyan, sedangkan di Banjarsari sebanyak dua kali bersama Angga.

“Tersangka Panorama ini, di Sukoharjo kos, dan dia asli warga Kediri Jatim. Aksi Jambret yang dilakukan di Laweyan antara lain di Jalan Samanhudi depan Lumbung Batik, Dr Rajiman, dan Kawasan Purwisari,” kata Kapolsek.

Kedua tersangka yakni Panorama bersama Angga Lana dalam melakukan aksinya dengan cara mendekatkan kendaraan korban dan mengambil tas cangklongnya. Korbannya yang sering diincar kemayoritas perempuan pengendara sepeda motor.

“Saya yang bertugas mengambil tas korban, sedangkan Angga mengemudikan sepeda motor. Angga ini, juga sering berpasangan dengan IA dalam aksinya,” kata tersangka Panorama.

Atas permuatan tersangka tersebut dapat dijerat dengan pasal 362 tentang Tindak Pidana Pencurian dengan kekerasan, ancaman hukuman maksimal hukuman lima tahun, katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.