Harga Kedelai di Kudus Melonjak Tajam

ILUSTRASI

KUDUS, Jowonews.com – Harga jual kedelai impor di Kabupaten Kudus pekan ini mengalami kenaikan menjadi Rp7.200 per kilogram, dibandingkan dengan harga jual sebelumnya hanya Rp6.900/kg.

“Akhir Oktober 2016 memang sempat naik bertahap dari Rp6.650/kg menjadi Rp6.900/kg. Kemudian, pekan ini naik lagi menjadi Rp7.200/kg,” kata Ketua Primer Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Primkopti) Kabupaten Kudus Amar Ma’ruf di Kudus, Rabu (30/11).

Kenaikan harga komoditas impor tersebut, katanya, dipicu karena negara pemasoknya sedang mengalami kelangkaan stok kedelai.

Informasinya, lanjut dia, negara pemasok mengalami gagal panen, sehingga mendongkrak harga jual di pasaran. Sementara mayoritas pengrajin tahu dan tempe di Tanah Air, termasuk di Kudus sangat bergantung pada komoditas impor tersebut.

Imbas tersebut, akhirnya berdampak pada stok kedelai impor yang dimiliki sejumlah agen penjual kedelai di berbagai daerah, termasuk di Semarang dan Surabaya.

Sepanjang pasokan dari Negara Amerika belum normal, dia memprediksi, harga jual kedelai di Kudus dan sekitarnya masih bisa terdongkrak naik. Bahkan, lanjut Ma’ruf, pengalaman sebelumnya harga melonjak hingga Rp9.000/kg bisa terulang kembali. Apalagi pengusaha tahu dan tempe sangat bergantung pada komoditas impor, sedangkan produksi lokal belum mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Pekan ini, ungkap dia, pasokan kedelai lokal sudah habis, sedangkan daerah pemasok yang menjadi langganan juga belum menunjukkan tanda-tanda siap panen.

Ia mengatakan, sesuai pengalaman sebelumnya, setiap akhir tahun yang pasokan kedelai lokal yang biasanya diterima dari Kabupaten Grobogan.

Sementara daerah lain yang menjadi langganan pemasok kedelai lokal, di antaranya dari Kabupaten Jember, Bali, dan Purworejo.

Meskipun harga jual kedelai impor mengalami lonjakan, permintaan masih cukup stabil. “Permintaan kedelai impor dalam sehari berkisar 15-20 ton per hari,” imbuhnya. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *