Magelang Raih Predikat Smart Nation Awards

MAGELANG, Jowonews.com – Kota Magelang meraih predikat “Silver Campion” dalam ajang “Indonesia Smart Nation Awards 2016” sebagai kategori kota kecil.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Magelang Joko Soeparno mengatakan penghargaan itu diterima dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta pada Selasa (29/11) lalu.

“Kriteria penghargaan itu berdasarkan indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) dan indeks kinerja daerah pintar (Smart Region Maturity Index) yang digagas oleh Citiasia Center for Smart Nation,” katanya, Kamis (1/12).

Hal itu, katanya, terutama terkait dengan upaya membangun kesiapan daerah pintar yang maju, kreatif, dan berkelanjutan, sehingga hal itu mendorong daerah untuk melakukan inovasi pembangunan.

Ia mengatakan metode yang diukur berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber, seperti data kementerian atau lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, dan website/laman pemerintah daerah beserta analisa 72 media cetak nasional dan lokal, serta 100 media dalam jaringan.

Indeks kesiapan daerah dilihat dari lima sudut pandang, yakni sumber daya alam, struktur, infrastruktur, suprastruktur, dan kultur, sedangkan indeks daerah cerdas diukur dari enam “branding”, dimensi “smart living, smart society, dan smart environment”.

Berdasarkan penilaian dewan juri, katanya, Kota Magelang layak menyandang nilai indeks 41,08 atau C+, yaitu suatu kota yang cukup siap untuk mengimplementasikan “smart region” dalam proses pembangunan daerah. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.