Sebanyak 3 Kota di Jateng Buka Layanan SIM Online

  • Whatsapp
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono

KUDUS, Jowonews.com – Tiga kota di Jawa Tengah bakal memberikan pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi secara daring, kata Kapolda Jateng Ispektur Jenderal Polisi Condro Kirono.

“Awalnya, layanan SIM secara daring tersebut diperkenalkan di semua ibu kota provinsi di Tanah Air pada 2015, sedangkan di Jateng di Kota Semarang,” ujarnya di Kudus, Rabu.

Pada 2016, kata dia, dilakukan pengembangan layanan perpanjangan SIM secara daring (online) yakni di Solo dan Banyumas.

Untuk saat ini, lanjut dia, sedang dibangun prototipe tipe sarana dan prasarana layanan SIM secara daring yang ideal di tiga daerah tersebut, yakni Semarang, Solo dan Banyumas.

Pembangunan tersebut, kata dia, ditargetkan selesai akhir 2016, sehingga nantinya bisa mendukung layanan perpanjangan SIM secara daring.

Bahkan, lanjut dia, layanan perpanjangan SIM secara “online” tersebut juga terkoneksi dengan program Kartu Tanda Penduduk secara elektronik (e-KTP) di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Menurut dia, layanan berbasis teknologi informasi tersebut sangat membantu warga masyarakat.

“Setidaknya, pelayanan terhadap masyarakat juga semakin meningkat,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, hal itu bisa mencegah adanya penyimpangan, adanya calo dan pungutan liar, mengingat terintegrasikan dengan sistem komputerisasi.

Ia mengakui, program tersebut merupakan program dari Mabes Polri, sehingga daerah hanya bisa berharap pengembangan layanan SIM “online” bisa diperluas ke jajaran polres yang lain.

Dengan layanan perpanjangan SIM “online”, masyarakat yang berasal dari luar provinsi ketika hendak perpanjangan cukup memilih tiga kota terdekat di Jateng tersebut.

Hal itu memungkinkan karena layanan perpanjangan SIM daring sudah terkoneksi dengan 34 ibu kota provinsi di Tanah Air. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *