Bupati Batang Raih Penghargaan KIP Sebagai Badan Publik Terbaik Utama

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo

BATANG, Jowonews.com – Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo menerima penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah sebagai Badan Publik Terbaik Utama dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik 2016.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo di Batang, Rabu, mengatakan, dengan adanya kemudahan informasi dan teknologi (information and technology) maka keterbukaan pemkab dan rakyat dalam membangun dan memajukan daerah harus dilakukan.

“Karena itu, kami mencoba dan mengajak pada warga untuk bekerja secara terbuka dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan. Hal itu kami buktikan dengan membentuk Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2),” katanya.

Selain itu, kata dia, pemkab juga bekerja sama dengan sejumlah instansi maupun lembaga antikorupsi, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Indonesian Corruption Watch (ICW) serta pertemuan berkala dengan masyarakat setiap hari Jumat Kliwon.

Ia mengatakan, kebijakan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh pemkab ini mendapatkan penilaian dari lembaga akademisi, seperti Universitas Diponegoro Semarang dan akademisi lainnya.

“Dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah ini, KIP memberikan penghargaan pada Kabupaten Batang sebagai Badan Publik Terbaik Utama dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik. Penghargaan ini merupakan ketiga kalinya yang diraih oleh Pemkab Batang,” katanya.

Menurut dia, kunci utama keberhasilan dalam membangun daerah adalah membuka transparansi dan inovasi, serta meningkatkan pelayanan publik .

“Pada intinya, keberhasilan membangun dan memajukan daerah ini maka kami harus mempunyai kewajiban untuk menjalankan roda pemerintahan secara terbuka, melakukan inovasi, dan memberikan pelayanan terbaik,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.