Timnas Menang Saat Aceh Digoyang Gempa, Manahati Lestusen Terharu

Manahati Lestusen usai mencetak gol ke gawang Vietnam. (Foto: AFF Suzuki Cup)

Hanoi, Jowonews.com– Sebelum laga antara Indonesia melawan Vietnam, ada prosesi mengheningkan cipta untuk korban gempa di Aceh. Momen itu membuat Manahati Lestusen terharu.

Di My Dinh National Stadium, Hanoi, Rabu (7/12/2016) malam, prosesi mengheningkan cipta dilakukan sebelum kick-off, yang ditujukan untuk para korban gempa di Aceh. Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Aceh pada Rabu (7/12) pagi dan menimbulkan banyak korban jiwa.

“Saya benar-benar ikut berduka dan semoga keluarga yang ditinggalkan akibat gempa di Aceh juga diberikan kekuatan,” ucap Manahati seusai pertandingan.

“Terus terang, saya begitu terharu dengan mengheningkan cipta di lapangan. Ini menunjukkan penghormatan dan simpati luar biasa kepada kami oleh para pemain Vietnam. Tetap salut untuk tim Vietnam,” imbuhnya.

Manahati Lestusen menjadi penentu kelolosan Indonesia ke final AFF Suzuki Cup 2016. Di laga itu, pemain PS TNI ini turut menyumbang satu gol melalui titik penalti di menit 97. Gol pemain asal Maluku tersebut sekaligus menjadi gol penutup yang menyudahi perlawanan Vietnam. Gol Indonesia lainnya dicetak oleh Stefano Lilipaly di menit ke 54.

Manahati dipercaya untuk maju sebagai algojo tendangan 12 pas. Eksekusinya meluncur mulus ke gawang Vietnam dan membawa Indonesia unggul secara agregat.

“Saya merupakan penendang penalti kedua setelah Kakak Boaz, tapi, karena Kakak Boaz diganti pada babak kedua, maka saya yang harus mengambil eksekusi penalti tersebut. Sebenarnya bukan berdiskusi soal siapa penendang penalti tersebut karena memang saya yang seharusnya melakukan eksekusi, teman-teman (di lapangan) hanya menanyakan sekali lagi apakah saya benar-benar siap menendang penalti. Saya katakan bahwa saya sudah mantap,”pungkasnya.

Hasil imbang 2-2 dengan Vietnam di Hanoi memastikan Indonesia melaju ke babak final AFF Suzuki Cup 2016. Skuat Garuda unggul agregat 4-3 setelah pada pertemuan pertama menang 2-1. Di babak final yang akan dilangsungkan pada 14 dan 17 Desember mendatang, Indonesia akan bertemu Thailand atau Myanmar. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.