TPI Pekalongan Kian Maju dengan Layanan Internet

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pengunjung tempat pelelangan ikan (TPI) Pekalongan akan semakin dimanjakan dengan adanya fasilitas internet. Ini sebagai upaya memberikan kemudahan dan informasi kepada nelayan maupun masyarakat.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Sugiyo mengatakan bahwa sejumlah fasilitas yang akan disiapkan di TPI tersebut, antara lain jaringan internet, website, timbangan baru, dan peningkatan pelayanan keluar dan masuk kapal.

“Rencananya, sejumlah fasilitas penunjang ini akan kami pasang pada 2017. Fasilitas penunjang itu bertujuan untuk mempermudah kegiatan di TPI,” katanya (11/12).

Dikatakan, tujuan pemasangan website itu agar masyarakat dapat melihat jumlah produksi ikan, jenis ikan yang ada, dan harga lelang ikan.

“Dengan adanya penambahan sejumlah fasilitas ini, nantinya pelayanan proses adminsitrasi untuk izin maupun pelaporan yang membutuhkan waktu yang terlalu lama dapat lebih dipercepat,” katanya.

Ia mengatakan hasil pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor lelang ikan di TPI pada 2016 mengalami surplus Rp183 juta.

Pada 2016, kata dia, pemkot menargetkan PAD sektor perikanan TPI Rp5,7 miliar sedang hasil yang diraih sudah mencapai sekitar Rp5,883 miliar atau surplus Rp183 juta.

Ia menambahkan pemkot juga akan menerapkan sistem lelang tertutup atau lelang borong yang hanya cukup melelangkan sampel ikan saja dan dijadikan data lelang secara total.(jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.