Kementrian ESDM dan PLN Sosialisasi Masif Pencabutan Subsidi Listrik

SEMARANG, Jowonews.com – Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PLN melakukan sosialisasi secara masif tentang rencana pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 900 VA.

Sosialisasi dilakukan di Gedung Grafika Yang satu kompleks dengan kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (13/12). Sosialisasi diikuti oleh 35 Pemda di seluruh Jawa Tengah.

Sosialisasi yang dilakukan dengan mengambil tema “Subsidi Listrik Tepat Sasaran dan Mekanisme Pengaduan”.

“Pencabutan subsidi untuk rumah tangga 900 VA mulai Januari 2017. Namun pencabutan dilakukan secara bertahap,” ujar Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Satya Zulfanitra di Semarang, Selasa (13/12).

Menurutnya, pelanggan 900 VA yang dicabut subsidinya adalah yang sudah tergolong mampu. Sedangkan yang tidak mampu tetap akan mendapatkan subsidi.

Berdasarkan data PLN hingga Oktober 2016, jumlah pelanggan 900 VA sebanyak 23 juta lebih. Sedangkan yang berpotensi protes saat dicabut subsidinya sebanyak 19,1 juta pelanggan. Dari jumlah tersebut sebanyak 2,8 juta pelanggan di Jateng dan DIY. (Jn19)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *