10 Finalis Berebut Juara Sinden Idol III Unnes

  • Whatsapp
SInden Idol, Foto: unnes

SEMARANG, Jowonews.com – Sebanyak 10 finalis ajang “Sinden Idol 3” berebut menjadi juara kompetisi sinden yang digelar Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut.

“Ada 45 sinden yang mengikuti tahap audisi. Kami saring jadi 10 finalis untuk maju babak final,” kata Ketua Panitia Sinden Idol 3 Agus Nuryatin di Semarang, Selasa malam.

Ia menjelaskan audisi sinden yang sudah ketiga kalinya digelar Unnes itu diikuti peserta dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kesepuluh finalis itu, adalah Eka Prihatiningsih (Sragen), Sri Sekar Rabulla (Jombang), Tri Utari (Ponorogo), Dita Intawati (Banyuwangi), dan Nugraha Pawesti (Semarang).

Kemudian, Mayang Anjarsari dari Blora, Riris Kumalasari juga berasal dari Blora, Maya Yuanita (Kudus), Surati (Rembang), dan Mambaul Khasanah dari Trenggalek, Jatim.

“Kami berharap, siapa pun juaranya (Sinden Idol 3, red.) nantinya dapat menjadi teladan dan idola bagi sinden-sinden muda lainnya,” kata Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes itu.

Untuk tahapan final yang menentukan pemenang kompetisi itu, lanjut dia, dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 18 Desember mendatang di Kampung Budaya Unnes, Sekarang, Gunungpati.

Menurut dia, Sinden Idol secara strategis tidak hanya menjadi ajang pencarian sinden yang mumpuni secara keterampilan menyinden, tetapi juga perilaku dan penghayatan nilai budaya Jawa.

Saat audisi, kata Agus, para peserta diajak untuk berinteraksi, salah satunya dengan pertanyaan mengenai aktivitas yang mereka tekuni dan penghayatan terhadap dunia persindenan.

“Kalau untuk teknik menyinden, aspek penilaian didasarkan pada perbendaharaan cengkok, pengetahuan irama, dan gending,” tambah Widodo, salah satu juri Sinden Idol 3.

Sebelum menghadapi final, 10 peserta itu akan menjalani pelatihan tentang keterampilan menyinden dan penghayatan profesi, mulai sikap, cara berjalan, berbicara, hingga nembang.

Sementara itu, Maya Yuanita, salah satu finalis Sinden Idol 3 mengaku belajar sinden secara autodidak, salah satunya belajar dari kelompok karawitan di Semarang yang diikutinya.

“Ya, kami berharap sinden-sinden dari ajang ini (Sinden Idol 3, red.) bisa menarik minat para generasi muda untuk belajar tentang sinden,” kata alumnus Seni Tari Unnes tersebut. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *