Petani Kendal Keluhkan Serangan Keong Mas

  • Whatsapp

KENDAL, Jowonews.com – Para petani di Kendal saat ini mengeluhkan serangan keong mas. Keong mas menyerang tanaman padi berumur 1-2 minggu. Serangan keong mas menyebabkan tanaman padi mati karena daunnya habis dimakan keong mas.

Meski sudah dibasmi dengan menggunakan pestisida serangan keong mas sulit diberantas. Selain menggunakan pestisida petani menggunakan cara manual yakni mengambil keong mas dari sawah.

“Keong mas diambil untuk dijadikan pakan bebek atau dibuang saja,” ujar Yatman, 55, petani asal Rowosari, Selasa kemarin.

Yatman mengaku serangan keong mas terjadi di Kecamatan Rowosari, Weleri, Kangkung, Cepiring, Brangsong, Kaliwungu, dan Ngampel. Pertumbuhan keong mas sangat cepat karena banyak genangan air di areal sawah. Karena itu para petani bisa menghambat pertumbuhan keong mas dengan cara mengurangi genangan air di sawah.

Menurut Yatman tahun lalu dia terpaksa menanam padi hingga dua kali karena serangan keong mas. Pihaknya berharap pemkab juga ikut turun langsung memberantas serangan keong mas. (JN09/JN03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *