Percepat Penanganan Bencana, Pekalongan Kucurkan Rp3,5 Miliar

  • Whatsapp
ILUSTRASI

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pemkab Pekalongan menyiapkan dana bencana sebesar Rp3,5 miliar sebagai upaya mempercepat penanganan dalam mengatasi pemulihan pascabencana yang terjadi di sejumlah titik pada empat kecamatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa pemkab melalui dana tak terduga telah menganggarkan Rp3,5 miliar yang akan digunakan untuk pemulihan pascabencana terutama pembangunan fisik. “Ada beberapa titik lokasi bencana yang sudah kami perbaiki dengan menggunakan dana tak terduga itu,” katanya.

Ia menyebutkan beberapa titik lokasi bencana yang sudah diperbaiki, antara lain penanganan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Kandangserang yang menyebabkan jembatan menuju ke dusun tersebut ambles serta jalan tertutup timbunan tanah. Selain itu pemkab juga telah menganggarkan pembangunan jembatan darurat dan jalan sepanjang sekitar tiga kilometer yang disebabkan oleh longsor.

Menurutnya, untuk penanganan bencana alan di Telogopakis Kecamatan Petungkriyono akan dilakukan pengeparasan tebing karena terdapat batu besar di atas bukit yang hampir jatuh ke bawah. “Kami telah berkoordinasi dengan Tantara Nasional Indonesia (TNI) agar batu besar yang berada di tebing itu diledakan menggunakan dinamit. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *