Polres Banyumas Tingkatkan Pengamanan Gereja

ILUSTRASI

PURWOKERTO, Jowonews.com – Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, meningkatkan pengamanan di delapan gereja yang memiliki jemaat dengan jumlah besar menjelang Hari Natal, kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah.

“Ada delapan gereja besar, itu jelas yang menjadi fokus. Sementara yang di kecamatan-kecamatan juga menjadi tanggung jawab kita semua dengan kekuatan yang sudah disiapkan ditambah instansi samping seperti TNI termasuk beberapa organisasi kemasyarakatan turut berpartisipasi membantu pengamanan di lingkungan sekitar tempat ibadah,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Kapolres mengatakan hal itu kepada wartawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2016 di halaman Markas Polres Banyumas.

Menurut dia, pengamanan di gereja besar akan melibatkan 12 personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang bertugas selama 24 jam secara bergantian yang dimulai sejak tanggal 24 Desember hingga berakhirnya ibadah Hari Natal.

Selain itu, kata dia, personel Brigade Mobil (Brimob) juga akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja.

“Sekitar tiga sampai enam jam sebelum jadwal ibadah, kita akan lakukan sterilisasi,” jelasnya.

Di luar sterilisasi tersebut, kata dia, pihaknya telah mengarahkan masing-masing kepolisian sektor untuk melakukan pengamanan swakarsa dengan melibatkan pemuda gereja setempat dan lingkungan sekitarnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan dalam pengamanan ibadah Hari Natal yang dilanjutkan dengan pengamanan perayaan tahun baru, pihaknya sesuai dengan surat perintah operasi akan mengerahkan sebanyak 200 personel.

“Namun dengan adanya kegiatan rutin yang ditingkatkan, kita akan mengerahkan 598 personel Polri ditambah satu kompi dari Kodim, ditambah dari pemda, Satpol PP, serta satuan-satuan pendukung seperti SAR, BPBD, dan Dishub,” katanya.

Usai apel yang dipimpin Bupati Banyumas Achmad Husein dilakukan penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyumas kepada Polres Banyumas berupa satu unit mobil Toyota Rush untuk kegiatan patroli Satuan Lalu Lintas dan dua unit sepeda motor Kawasaki KLX untuk kegiatan patroli Unit Pengamanan Objek Vital. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.