Jelang Natal, Tim Gegana Sisir Sejumlah Gereja

SOLO, Jowonews.com – Pasukan Penjinak Bom (Jibom) Gegana Polda Jawa Tengah mensterilkan sejumlah gereja yang akan digunakan kegiatan Natal 2016 di Kota Solo.

Tim Jibom Gegana Polda Jateng selain menggunakan sejumlah alat untuk mendeteksi benda yang mencurigakan, juga membawa seekor anjing pelacak pertama di Gereja Santo Paulus Kleco Laweyan Solo.

Tim Jibom langsung melakukan penyisiran dari pintu masuk gereja hingga ke altar dengan alat pemindai logam, semirol, dan X-ray untuk sterilisasi ruangan sebelum digelarnya Misa Natal yang dilaksanakan pada Sabtu (24/12) dan Minggu (25/12).

Menurut Komandan Tim Jibom Gegana Polda Jateng Ipda Maruto Jono, pemeriksaan di Gereja Santo Paulus Kleco dilaksanakan menyeluruh baik di luar ruangan hingga tempat umat beribadah.

“Hasil pemeriksaan nihil, gereja untuk sementara sudah aman,” kata Ipda Maruto Jono, Jumat (23/12).

Maruto Jono mengatakan alat yang digunaakan dalam penyisiran antara lain metal detector, semirol dan X-ray. X-ray ini digunakan setelah ada benda yang mencurigakan, sedangkan anjing pelacak diturunkan jika ada benda yang tidak bisa terdeteksi oleh metal.

“Anjing pelacak diturunkan untuk mengantisipasi bahan peledak yang tidak terdeteksi oleh metal, tetapi tercium anjing,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau pengurus gereja untuk tetap waspada dan perlu curiga orang asing yang belum dikenal serta membawa barang yang mencurigakan atau memakai jaket berlebihan.

Ada dua tim dengan tugas mensterilkan tujuh gereja dari benda asing atau mencurigakan di Kota Solo. Setelah Gereja Santo Paulus Kleco, kemudian ke Santo Petrus Purwosari, GKJ Manahan, Elsaday Widuran, Santo Antonius Purbayan, GBI Kepunton, dan Kristen Penabur di Gradak Solo.(jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *