Kenakalan Remaja Bisa Dicegah Jika Ibu Berikan Keteladanan

SEMARANG, Jowonews.com – Orang tua memberikan pengaruh secara langsung terhadap perkembangan anak. Dan berbagai kasus kenakalan remaja dan anak sepertinya berawal dari kurangnya keteladananan orang tua. Sehingga, kenakalan remaja bisa dicegah apabila orang tua, terutama ibu bisa memberikan keteladanan.

Terbaru, dunia internet di hebohkan dengan adegan anak remaja yang merendahkan sholat dengan melakukan gaya sholat diatas motor yang tidak wajar. Sebelumnya internet sempat dihebohnya remaja yang sholat dengan keadaan telanjang sambil melakukan live streaming di aplikasi sosial media.

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah, Zubaedah menilai bahwa berbagai persoalan yang muncul tersebut muncul akibat kurang perhatian orang tua terhadap anak, terutama ibu. “Kejadian ini perlu evaluasi kepada orang tuanya. Apakah mereka sudah memberikan contoh yang baik bagi anak anak nya,”katanya Jumat (23/12/2016) di Semarang.

Lebih lanjut, Zubaedah menyampaikan bahwa ucapan dan perbuatan baik orang tua akan memberikan dampak baik bagi kesehatan mental anak anak mereka. Begitu pula sebalik nya, kata kata yang tidak baik akan memberikan dampak tidak baik dan panutan yang tidak baik bagi anak anak mereka. “Anak mencontoh dan meniru perilaku orang tua terutama ibunya karena biasanya anak itu paling dekat dengan ibunya,”tandasnya.

Untuk itu, Zubaedah menilai bahwa pencegahan sejak dini melalui pendidikan karakter di dalam keluarga yang baik akan menimbulkan karakter karakter berkebangsaan dan akhlak yang terpuji bagi anak.

“Mereka akan mencontoh prilaku baik orang tuanya dan akan mengikuti norma yang ada di masyarakat. Fenomena diatas seharusnya menjadi pukulan telak bagi para ibu untuk menjaga buah hatinya dan memberikan panutan yang baik bagi anaknya,”jelasnya.

Zubaedah berpesan kepada seluruh anak di Indonesia untuk berbuat baik kepaa orang tua, terutama ibu. Hal ini dikarenakan bahwa sosok Ibu telah dimuliakan oleh Allah SWT dengan menempatkan di surga.

“Tempat yang sangat menyenangkan itu ada dibawah telapak kaki seorang Ibu. Bahkan Rosulullah ketika ditanya siapa orang yg pertama harus dihormati, maka jawabannya adalah Ibu. Bahkan disebutnya sampai tiga kali, baru Bapak, untuk itu mari hormati orang tua kita terutama ibu dan bagi ibu jadilah madrasah pertama bagi anak agar tumbuh kembangnya menjadi baik,”pungkasnya. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *