Pemprov Himbau Perusahaan di Jateng Utamakan Pekerja Lokal

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Ditengah derasnya kabar masuknya tenaga kerja asing, khususnya dari Cina, Pemprov Jateng meminta pengusaha di Jateng untuk menggunakan tenaga kerja lokal.

Hal ini seperti yang disampaikan Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko.

“Perusahaan dihimbau untuk mengutamakan tenaga kerja lokal lulusan sekolah menengah kejuruan,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi bagi perusahaan yang pemiliknya asing namun juga mengakomodasi tenaga kerja lokal.

Sementara itu Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Tengah memilih untuk memberdayakan tenaga kerja lokal dibandingkan tenaga kerja asing, terutama yang berasal dari Tiongkok.

“Tenaga kerja lokal lebih murah dan mampu meningkatkan perekonomian warga di sekitar pabrik, sedangkan tenaga kerja asing, termasuk dari Tiongkok cukup mahal, belum lagi perusahaan juga ikut mengurus izin agar mereka bisa bekerja di sini” kata Ketua Apindo Jateng Frans Kongi.

Kendati demikian, ia mengakui jika ada sejumlah tenaga kerja asal Tiongkok yang bekerja di beberapa anggota Apindo Jateng.

Menurut dia, para pekerja asal Tiongkok itu dipekerjakan dalam kondisi khusus, seperti memasang atau memerbaiki mesin dari negara setempat.

“Kalau beli mesin dari Tiongkok, biasanya yang memasang mesin daru pihak sana, termasuk memberikan pelatihan teknisi lokal agar bisa mengoperasikan mesin tersebut,” tandasnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *